Mengintip Tradisi Baru Pemdes Cikamunding Menyambut Hari Jadi: Kompak dan Sakral!

Date:

Warga, tokoh masyarakat dan aparat desa Cikamunding saat melakukan ziarah kubur kepada para leluhur menjelang hari jadi Desa Cikamunding ke 48. (Istimewa)

Berita Lebak– Pemerintah Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak bersiap menyambut hari jadi ke 48 tahun yang jatuh pada 12 Maret 2023.

Sederet kegiatan dilakukan untuk menyukseskan acara. Baik itu tradisi lama maupun yang baru dicetuskan di era kepemimpinan Yayan Hendayana.

Ya, ada beberapa kegiatan baru yang nantinya akan menjadi ‘tradisi’ setiap kali menyambut hari jadi Pemdes Cikamunding. Salah satunya ziarah ke makam para pendahulu atau leluhur.

Jumat, 10 Maret 2023, warga, tokoh masyarakat beserta aparat desa ramai-ramai melakukan ziarah ke beberapa makam leluhur yang berlokasi di TPU Makam Kidul Kp. Cikamuning II.

“Alhamdulillah tahun ini kita mulai tradisi baru berziarah ke makam para pendahulu, sesepuh dan karuhun,” kata Kepala Desa Cikamunding, Yayan Hendayana kepada BantenHits.

Dia menjelaskan, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan dan menghargai para leluhur yang telah berjuang, membangun Desa Cikamunding.

“kegiatan ini diharapkan memotivasi generasi penerus untuk terus berikhtiar secara bersama-sama membangun Cikamunding,”jelasnya.

“Harapan kami Desa kita, semakin maju pembangunannya, semakin mandiri, semakin makmur warganya,”sambung Sekjen APDESI Lebak ini.

Yayan menegaskan kegiatan ziarah ini akan menjadi agenda rutin setiap peringatan hari jadi Desa Cikamunding.

“Selain itu kegiatan ziarah juga akan digelar pada Jumat terakhir sebelum hari jadi Desa Cikamunding agar pelaksanannya berlangsung lebih khidmat dan sakral,”tandas pria yang akrab disapa Kang Jaro Yayan ini.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...