Mengenal Sipangeran; yang Bikin Warga Kabupaten Tangerang Bisa Kepoin Pergerakan Harga Bahan Pokok

Date:

Berkat Sipangeran, warga Kabupaten Tangerang kini bisa memonitor pergerakan harga bahan pokok di pasaran. ILUSTRASI: Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan jajaran saat memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat, 23 Desember 2022. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Harga bahan-bahan pokok di pasaran bisa berubah begitu cepat. Kadang dalam sehari perbedaan harga bisa terjadi.

Nah, buat Anda warga Kabupaten Tangerang, yang ingin mengetahui pergerakan harga bahan pokok di pasaran sejak dari rumah, cukup lewat Sipangeran saja. Apa itu?

Sipangeran merupakan akronim dari Sistem Informasi Pangan Kabupaten Tangerang. Ia adalah sebuah aplikasi berbasis web.

Lewat Sistem Informasi Pangan Kabupaten Tangerang (Sipangeran), masyarakat Kabupaten Tangerang bisa memantau pergerakan harga bahan pokok di pasaran.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat memantau harga serta kebutuhan pokok dan komoditas pangan seperti daging, minyak goreng, beras dan cabai di beberapa pasar di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi yang muncul dari permasalahan yang ada.

Menurut Asep, saat ini sangat diperlukan suatu sistem yang mengatur atau menyusun data digitalisasi untuk mempermudah akses informasi untuk masyarakat terkait data pangan dan pertanian di Kabupaten Tangerang.

“Pada Senin 6 Maret 2023 ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, meluncurkan aplikasi Sipangeran atau Sistem Informasi Pangan Kabupaten Tangerang. Bagi masyarakat yang ingin memantau harga bahan sembako silahkan kunjungi http://sipangeran.tangerangkab.go.id ,” ucap Asep salam keterangannya.

Warga Kabupaten Tangerang bisa kepoin pergerakan harga bahan pokok lewat aplikasi Sipangeran. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Pada Dinas Komunikasi dan Informatika, Cecep Khaerudin menyampaikan, penyusunan aplikasi ini dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari DPKP sesuai dengan penyajian data yang diinginkan.

Ia menyebut, aplikasi ini juga masih akan terus dikembangkan dan disesuaikan sehingga akses informasi dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Aplikasi ini masih akan terus dikembangkan kedepannya, tentunya kami akan sangat terbuka atas masukan atau saran yang muncul nantinya. Semoga aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi khususnya terkait data pangan dan data pertanian di wilayah Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin 6 Maret 2023 lalu Pemkab Tangerang melalui DPKP dan juga Diskominfo melakukan launching dan Serah terima Aplikasi Sipangeran.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Febya Satyaningsih; Kepala Bidang Aplikasi Informatika Pada Dinas Komunikasi dan Informatika, Cecep Khaerudin; Kepala Seksi Pengembangan dan Integrasi Aplikasi Manajemen Pemerintahan Pada Bidang Aplikasi Informatika, Heru Susanto; serta para pegawai di lingkup DPKP dan Diskominfo.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pj Wali Kota Wanti-wanti Jajaran soal Penyusunan RKA: Ini Muaranya Harapan Warga!

Berita Tangerang - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin,...

Penyeragapan Polsek Balaraja di Cangkudu, Satu Orang Dicokok Dua Lainnya Masih Diburu

Berita Tangerang - Jajaran Polsek Balaraja, Polresta Tangerang, Polda...