Pemkot Tangerang Siapkan Danau Buatan untuk Atasi Banjir di Kunciran

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau sejumlah titik yang kerap terjadi genangan di wilayah Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Senin, 10 April 2023. Untuk mengatasi banjir di wilayah itu, Pemkot Tangerang akan menyiapkan danau buatan. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Danau buatan disiapkan Pemerintah Kota Tangerang sebagai opsi untuk mengatasi banjir di wilayah Kunciran. Danau tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat antrean air sehingga saat hujan deras air tak melimpas ke jalan-jalan atau ke permukiman.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau sejumlah titik yang kerap terjadi genangan di wilayah Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Senin, 10 April 2023. Arief didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ruta Ireng Wicaksono.

“Yah kita sedang tinjau agar limpasan dari permukiman ini tidak lagi meluap ke jalan-jalan lingkungan apalagi sampai ke pemukiman warga,” kata Arief melalui laman resmi Pemkot Tangerang dikutip BantenHits.com, Selasa, 11 April 2023.

“Yang pasti penyebabnya ya karena kurangnya spot-spot untuk antrian air sehingga airnya meluap karena air ini kan pasti akan terus mencari jalan gitu ya,” lanjutnya.

Untuk itu, sambung Arief, rencananya Pemerintah Kota Tangerang akan menyiapkan sebuah danau buatan dengan luas kurang lebih 2000 m² sebagai mekanisme penampungan air dari limpasan permukaan tol tersebut.

“Ya sedang disiapkan ya memang sudah direncanakan danau buatan tersebut dan juga tandon-tandon air di sejumlah titik,” ungkapnya.

“Agar airnya sebelum dibuang dan dialirkan ini bisa mengantre dulu sehingga tidak meluap ke jalan apalagi pemukiman warga,” imbuhnya.

Selain sistem penampungan luapan air,  Arief juga menekankan pentingnya sistem drainase dan saluran air  dalam sistem penanganan genangan dan banjir di wilayah tersebut.

Selain itu, Arief menambahkan, ke depannya juga akan dibuat crossing drainase untuk jalan air sehingga sistem salurannya dapat berjalan tanpa ada hambatan dan air bisa mengalir dengan sebagaimana mestinya.

“Ini semua sebagai langkah antisipasi sekaligus persiapan agar nanti sewaktu musim hujan di akhir-tahun luapan-luapan dapat tertangani dan genangan-genangan dapat diminimalisir,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...