Lebaran 2023 Sudah Dekat, Disperindagkop Kota Tangerang Perketat Pengawasan Parcel

Date:

Disperindagkop Kota Tangerang memperketat pengawasan parcel menjelang Lebaran 2023.(Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Pengawasan barang dan makanan dalam keadaan terbungkus, khususnya parcel diperketat Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM atau Disperindagkop Kota Tangerang.

Hal tersebut dilakukan menyusul semakin meningkatnya penggunaan parcel menjelang Idul Fitri atau Lebaran 2023 ini.

Kekinian, pengawasan dilakukan Disperindagkop Kota Tangerang di Hypermart Cyberpark, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Senin, 17 April 2023.

Kasi Perlindungan Konsumen dan Terbit Niaga Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Teguh Heriyadi mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk masyarakat dapat merasa aman ketika membeli barang-barang yang terdapat di dalam parcel di toko retail maupun supermarket.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait dengan kadaluarsa, rusak dalam bentuk kemasan, dan tidak layak untuk dikonsumsi. Dan alhamdulillah hasil pengawasan ini di Hypermart Cyberpark tidak ditemukannya barang-barang yang dikhawatirkan kita bersama,” ungkap Teguh Heriyadi melalui laman resmi Pemkot Tangerang dikutip Selasa, 18 April 2023.

Diketahui, pengawasan ini dilakukan secara acak ke retail atau supermarket selama dua hari 17-18 April 2023. Petugas mengambil sampel di tiga supermarket di wilayah barat, timur, dan tengah.

“Jadi ini merupakan hari pertama kita melakukan pengecekan, dan besok merupakan hari terakhir kami melakukan pengawasan,” lanjutnya.

Sementara itu, ada sanksi yang diberikan jika ditemukan ada barang kadaluarsa, rusak dan tidak layak, yakni penarikan barang tersebut dari display, jika dapat diretur barang tidak boleh dijual, dan jika tidak dapat diretur barang harus dimusnahkan.

“Kami berpesan untuk masyarakat untuk semakin cerdas, dan teliti dalam memilih dan membeli barang parcel. Seperti memperhatikan kadaluarsa, kemasan, dan kelayakan barang tersebut,” tutup Teguh Heriyadi.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang pengunjung, Desvita mengatakan pengawasan yang dilakukan Disperindagkop-UKM ini sangat bermanfaat baginya dan pengunjung lainnya. Bahwa dengan begitu ia merasa aman dan tidak khawatir lagi jika ingin membeli parcel.

“Sudah tidak khawatir lagi, jadi saya juga merasa aman dalam membeli dan memberikan parcelnya untuk orang tersayang saya,” kata Desvita.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ciptakan SDM Lokal yang Andal, PT Krakatau Posco Teken MoU dengan Untirta

Berita Banten - PT Krakatau Posco menjalin kerjasama pengembangan...

Deretan Program yang Sukses Membuat Angka Pengangguran di Kota Tangerang Turun

Berita Tangerang - Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT di...

Kata Kunci Penanganan Korupsi Menurut Al Muktabar

Berita Banten - Kata kunci penanganan korupsi adalah dengan...