Dirujuk ke RSCM, Tiga Hari Lagi Dokter Akan Kabarkan Kondisi Kekinian Fajri Penderita Obesitas 300 Kg

Date:

Fajri (27), pria asal Ciledug, Kota Tangerang yang menderita obesitas dengan bobot 300 kilogram dalam perawatan RSUD Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Jakarta – Muhammad Fajri (27), pemuda asal Kelurahanan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, yang menderita obesitas dengan bobot 30 kilogram akhirnya dirujuk dari RSUD Kota Tangerang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Jumat malam, 9 Juni 2023.

Sub Koordinator Humas RSCM, Yani Astuti mengatakan, kondisi kekinian Fajri, baru akan disampaikan tim medis RSCM tiga hari ke depan atau Selasa, 13 Juni 2023. Saat ini tim dokter masih melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kepada Fajri.

“Saat ini kami belum dapat memberikan update karena tim yang terlibat sedang melakukan pemeriksaan secara keseluruhan,” kata Yani dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com, Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut Yani, perkembangan soal kondisi Fajri akan disampaikan melalui konferensi pers Selasa, 13 Juni 2023. Nantinya dalam konferensi pers tersebut akan dihadirkan dokter spesialis yang menangani Fajri.

“Estimasinya Selasa karena tim harus menyiapkan segala sesuatunya. Narasumber dan data-data terkait yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat masih ditangani tim dokter RSUD Kota Tangerang, 10 dokter spesialis di RSUD Kota Tangerang dilibatkan menjadi tim penanganan Fajri.

Menurut Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr O.U Taty Damayanti, 10 dokter spesialis yang masuk tim penanganan Fajri ini terdiri dari dokter radiologi, penyakit dalam, gizi, kulit, bedah, otopedi dan lainnya.

“Saat ini, kondisinya Fajri dalam keadaan sadar penuh dan bisa komunikasi dua arah. Namun, secara pergerakkan pastinya sangat terbatas, hanya bisa duduk dan disanggah. Sedangkan kakinya, hanya sebelah kiri yang bisa bergerak, karena kaki kanannya dalam kondisi luka akibat pernah kecelakaan,” ungkap Taty Damayanti, Jumat, 9 Juni 2023 melalui laman resmi Pemkot Tangerang.

Delapan Bulan Naik 180 Kg

Ia pun menjelaskan, tim kedokteran saat ini baru melakukan penanganan keadaan umum dulu. Seperti penanganan infeksi dan perbaikan nutrisi pada Fajri. Di samping itu, dokter spesialis kulit juga terus melakukan penanganan secara bertahap, pada luka-luka yang terdapat ditubuh Fajri.

Taty mengungkapkan, bobot Fajri meningkat signifikan selama kurun delapan bulan terakhir. Awalnya, bobot Fajri hanya 120 kilogram. Namun, saat ini sudah menjadi 300 kilogram. Artinya dalam delapan bulan bobot Fajri naik 180 kilogram.

“Secara urutan kronologis, delapan bulan terakhir ini Fajri sudah terbujur tidur tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa. Sebelumnya, potensi obesitas sudah ada karena bobot tubuhnya sudah diangka 120 kilogram pada delapan bulan lalu,” ungkap Taty.

“Karena tidak ada aktvitas, tiduran saja disitulah terjadi peningkatan berat badan yang berlebih hingga kini diperkirakan di atas 250 kilogram,” sambungnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...