Lokasi Berpotensi Banjir di Kota Tangerang Juga Ketinggian Airnya Kini Bisa Dipantau Real Time di Aplikasi

Date:

Lokasi berpotensi banjir di Kota Tangerang berikut ketinggian airnya, kini bisa dipantau real time di aplikasi. ILUSTRASI: 13 titik banjir di Kota Tangerang dipicu hujan deras dan meluapnya Kali Angke dan Kali Sabi, Selasa, 25 Februari 2020. (FOTO: Liputan6.com)

Berita Tangerang – Berbagai terobosan terus dilakukan untuk mengantisipasi banjir di Kota Tangerang. Kekinian, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah membuat aplikasi pemantau banjir.

Lewat aplikasi ini, masyarakat Kota Tangerang kini bisa memantau potensi banjir di wilayah Kota Tangerang secara real-time. Hal ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi banjir, di sejumlah wilayah rawan banjir.

Diketahui, pada 2022 lalu Dinas PUPR telah menghadirkan aplikasi Pos Duga TMA (Tinggi Muka Air).

Kepala PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, sistem ini terdiri dari aplikasi dan alat pendeteksi tinggi muka air yang dapat memonitoring tinggi muka air, sehingga dapat dijadikan sebagai peringatan dini bencana air.

Untuk memanfaatkan ini, masyarakat hanya perlu mengakses aplikasi Pos Duga TMA, melalui situs Dinas PUPR Kota Tangerang. Yakni, di laman dpupr.tangerangkota.go.id selanjutnya, pilih Menu Pos Duga Air dan pilih Data Tinggi Muka Air. Bisa juga langsung mengakses link posduga.dpuprkotang.info/v2.

“Ini merupakan sistem informasi tinggi muka air, yang tersusun dan terorganisir serta dapat memberikan informasi secara realtime maupun periodik. Sistem informasi ini diperlukan sebagai deteksi dan peringatan dini bencana banjir sehingga dapat meminimalisasi risiko yang ditimbulkan dengan optimal,” ungkap, Kamis, 22 Juni 2023 dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Ia pun menjelaskan, dalam aplikasi ini telah ada Sembilan lokasi Pos Duga TMA yang dibangun, dan dapat dipantau masyarakat umum. Sebagai berikut;

1. Pondok Arum (Nambo Jaya, Karawaci)

2. Komplek DDN (Karang Timur, Karang Tengah)

3. Pintu Air Sarakan (Kosambi, Sukadiri)

4. Jembatan Alamanda (Gebang Raya, Periuk)

5. Jembatan Galeong (Margasari, Karawaci)

6. Jembatan Polor (Petir, Cipondoh)

7. Perumahan Duren Villa (Sudimara Selatan, Larangan)

8. Embung Nusa jaya (Nusa Jaya, Karawaci)

9. Taman Cipulir Estate (Cipadu Jaya, Larangan)

“Masyarakat Kota Tangerang kami imbau untuk dapat menggunakan fasilitas ini, khususnya mereka yang tinggal dekat lokasi-lokasi Pos Duga TMA, atau mereka yang kerap dilanda musibah banjir. Dengan ini, kita sama-sama bisa saling pantau dan informasikan secepat mungkin, untuk penanganan yang sedini mungkin. Sehingga risiko bencana akan kian terminimalisir,” jelasnya.

Sebagai informasi, di 2023 ini PUPR akan membangun enam lokasi Pos Duga TMA baru. Dimana tiga diantaranya merupakan penambahan alat berupa sensor pendeteksi tinggi muka air dan tiga lainnya merupakan pembangunan alat baru. Selanjutnya, enam alat tersebut akan diintegrasikan dengan Aplikasi Pos Duga TMA yang sudah berjalan.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...