Warga Senang, Gerakan Pangan Murah di Kota Tangerang 2 Jam Langsung Ludes

Date:

Warga Kota Tangerang tampak antusias membeli komoditi yang dijual dalam Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diluncurkan serentak oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) di sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia, Senin, 26 Juni 2023. Di Kota Tangerang sendiri GPM digelar di GOR Kecamatan Neglasari. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Warga Kota Tangerang, terutama yang tinggal di sekitar Kecamatan Neglasari, mengaku senang dengan digelarnya program Gerakan Pangan Murah (GPM) oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Melalui GPM, bisa mendapatkan sejumlah bahan pokok dengan harga jauh lebih murah dari pasaran.

Pada Senin, 16 Juni 2023 ini, Bapanas secara serentak meluncurkan program GPM di 324 titik di 301 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Untuk Kota Tangerang, GPM digelar di halaman Gedung Olahraga atau GOR Neglasari.

GPM di Kota Tangerang diikuti sembilan distributor, mulai dari Perumda Pasar, Bulog, Golden Mom, Prima Food hingga Paskomnas dan lainnya.

“Saya membeli beras dan minyak karena murah banget, jauh sama harga pasar di luaran. Apalagi minyak di sini saya dapat Rp 14 ribu. Di luar itu bisa Rp 19 ribu. Jadi sangat membantu, terimakasih dan kalau bisa lebih rutin lagi digelarnya,” kata Rina, salah seorang warga Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang seperti dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Tak tanggung-tanggung, Rina juga bahkan langsung membeli kebutuhannya di lokasi GPM Bapanas itu untuk stok satu bulan ke depan.

Kegiatan ini diikuti langsung Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah beserta OPD terkait. GPM ditujukan sebagai stabilitas harga pangan di tingkat konsumen, sehingga tingkat inflasi di Indonesia, tak terkecuali di Kota Tangerang dapat terjaga. Terlebih, sebagai momentum jelang Iduladha, yang biasanya terjadi kenaikan harga disejumlah komoditi pasar.

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorum mengungkapkan, antusiasme warga bisa dibilang tidak bisa dibendung sejak pagi. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB, dan tak lama pukul 10.00 WIB semua komoditi sudah ludes terjual. Tercatat, komoditi yang paling laku terjual ialah beras, telur, dan minyak.

“Gelar Pangan Murah kali ini memang fokus pada komoditi pasar. Seperti beras, telur, gula, minyak, ayam, terigu, kecap, hingga frozen food. Sambutan warga tidak lain memang karena harga yang kami pasarkan jauh dibanding pasaran. Bahkan perbedaan harganya bisa Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per komoditi,” ungkap Muhdorun.

Berdasarkan pantauan, harga beras 5 kilo dijual di GPM Bapanas hanya Rp 45 ribu, padahal harga di luaran di atas Rp 50 ribu. Kemudian minyak goreng per liter hanya dijual Rp 13.500, sementara di luaran mencapai Rp 18 ribu. Lalu, telur yang paling diburu di GPM dijual hanya Rp 29 ribu per kilonya, sedangkan di luaran sudah mencapai Rp 33 ribu per kilo.

“Beras, telur dan gula kami buka ditiga stand, dan memang benar jadi primadonanya. Salah satunya yaitu meja Perumda Pasar lewat Si Jampang, yang hanya butuh waktu satu jam saja enam dus minyak goreng dan puluhan kilo beras, puluhan botol kecap SH, dan puluhan kilo telur habis ludes terjual. Tersisa seperti terigu dan bawang merah saja,” pungkasnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wujudkan Zero Waste, Pemkot Tangerang Maksimalkan Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Berita Tangerang - Sistem pengolahan sampah berbasis masyarakat adalah...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...