Kreativitas KIM Menyulap Ban Bekas Jadi Benda Berkualitas

Date:

Warga RT 01, RW 01, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang tergabung Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sukses ‘menyulap’ ban bekas menjadi benda berkualitas. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Ban bekas kini tak lagi menjadi sampah yang memenuhi ruangan, melainkan bisa menjadi benda bernilai guna seperti pot tanaman, bangku, meja, cup lampu hingga ring-ring pagar.

Ya, ban bekas tersebut bisa disulap jadi benda berguna berkat kreativitas warga RT 01, RW 01, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang tergabung Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Nimat, Ketua RT 001, RW 001 mengungkapkan, keahlian mendaur ulang ban bekas tersebut dipelajari dan kemudian didalami menjadi penghasilan warga sejak 2021 silam.

“Dimulai dari belajar di internet. Kini sebagai warga bisa berpenghasilan dari olahan ban bekas ini. Konsumennya, mulai dari perorangan hingga perusahaan juga ada saja yang order. Bahkan tak sedikit kita layani dalam partai besar,” ungkap Nimat melalui laman resmi Pemkot Tangerang.

“Hasil dari produksi ban belasi ini, kita putar lagi untuk modal. Dulunya, hasil produksi banyak kita manfaatkan untuk mempercantik kampung, membangun saung, hingga fasilitas dan sarana prasarana kampung lainnya. Namun, jika partai besar pastinya sudah menjadi penghasilan tambahan warga yang terlibat,” lanjutnya.

Sementara itu, Nimat juga tengah memaksimalkan workshop pengolahan ban bekas ini. Pasalnya, setiap bulannya ada saja sekolah, kampung atau kunjungan wilayah lainnya untuk belajar pengolahan ban bekas ini.

“Melalui workshop, sekirannya ilmunya bisa lebih luas untuk dikembangkan. Terlebih, bisa disebarluaskan kemasyarakat banyak. Sehingga, berkah dari ban bekas ini dapat dirasakan secara nyata untuk masyarakat luas,” harapnya.

Selain menyulap ban bekas jadi produk bernilai, masyarakat RT 01, RW 01, Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang dikenal sebagai Kampung Pakcoy ini sebelumnya sudah sering melakukan gerakan perubahan pada kampung atau wilayahnya.

Mereka bergerak membangun perubahan pada kebersihan lingkungan, pengelolaan lahan produktif untuk ketahanan pangan hingga pengolahan barang bekas.

 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Tangerang Terus Gaungkan Netralitas ASN Jelang Pilkada Serentak 2024

Berita Tangerang - Netralitas ASN (aparatur sipil negara) terus...

Siasat Airin Agar Bantuan untuk Pesantren di Banten Terus Menggelontor tanpa ‘Bocor’

Berita Banten - Bantuan untuk pondok pesantren di Banten...