Dear Moms! Udah Tahu Kan Memberi ASI untuk Si Buah Hati Banyak Manfaatnya? Nih Simak Ringkasan Seminar Dinkes Kabupaten Tangerang!

Date:

Memberikan ASI kepada buah hati banyak manfaatnya, salah satunya agar Si Buah Hati tak terjangkit stunting. FOTO ILUSTRASI: ibu hamil dan menyusui di Kota Tangerang tengah mendapat informasi dan memeriksa kandungannya di Posyandu. (DOK.BantenHits.com)

Berita Tangerang – Pemberian air susu ibu atau ASI eksklusif bagi bayi diketahui banyak manfaatnya, di antaranya dapat mencegah kasus stunting, sehingga dapat menurunkan angka kasus secara signifikan.

Demikian terangkum dalam Seminar bertajuk “Bersama-sama Dukung Ibu, Sukses Menyusui dan Bekerja” yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Kesehatan di GSG Kabupaten Tangerang, Selasa, 8 Agustus 2023. Seminar digelar dalam rangka memperingati Pekan ASI sedunia tingkat Kabupaten Tangerang.

Pekan ASI Sedunia merupakan gerakan menyusui secara global dan menyediakan dukungan untuk para ibu agar bisa menyusui di mana saja. ASI menjadi sangat penting bagi perkembangan bayi, khususnya pada enam bulan pertama pascakelahiran karena mengandung zat penting yang disebut ASI Eksklusif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis menjelaskan, seminar ini dilaksanakan secara hybrid melalui online (zoom meeting) dan offline di GSG Kabupaten Tangerang. Seluruh petugas dan kader bisa dengan mudah mengikuti seminar tersebut.

“Kegiatan seminar ini memiliki tujuan berupa meningkatkan pengetahuan tentang ASI, manfaat ASI dan keterkaitan ASI dengan tumbuh kembang anak. Seluruh kader dan petugas kesehatan sangat penting untuk mengikuti seminar ini agar bisa menerapkan dan membagikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu menyusui,” kata Achmad Muchlis dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Achmad Muchlis menyebutkan, ASI eksklusif memberikan seluruh kebutuhan bayi dengan sempurna. Dengan begitu, stunting bisa mengalami penurunan jika balita mendapat ASI yang tepat.

“Upaya untuk percepatan penurunan stunting salah satunya pemberian ASI, di 6 bulan pertama pasca kelahiran atau ASI Eksklusif, maka dari itu untuk ibu menyusui baik pekerja atau ibu rumah tangga jangan sampai melewatkan waktu tersebut karena sangat banyak manfaat yang akan di dapat oleh balita maupun ibunya sendiri,” ucapnya.

Wakil ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Nina Lisnawati Romli pada sambutannya menyebutkan, poin penting dalam perkembangan kesehatan anak yaitu pemberian ASI pada bayi. Sebagaimana diketahui, menyusui memiliki dampak yang sangat signifikan dalam menurunkan kematian bayi.

“Mudah-mudahan momentum menyusui sedunia tahun 2023 ini akan meningkatkan pengetahuan atas pemberian ASI khusunya untuk ibu bekerja sehingga tercapai anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas,” harapnya.

Sebagai informasi seminar ASI ini resmi dibuka oleh Wakil Ketua TPPKK Nina Lisnawati Romli dan di isi oleh Dokter Spesialis Anak dr. Utami Roesli sebagai narasumber yang menjelaskan materi mengenai pentingnya ASI untuk tumbuh kembang balita yang di pandu oleh moderator dr. Radianti Bulan Tobing.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related