Prabowo Jadi Sasaran Isu Liar, Presiden Jokowi: Tahun Politik Banyak Berita Seperti itu, Jangan Diterima Mentah-mentah!

Date:

FOTO ILUSTRASI: Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersenyum bersama di Malaysia. (FOTO: detik.com/Dok. Istimewa)

Berita Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta masyarakat mengkroscek setiap berita yang muncul dan tak menerima mentah-mentah sebelum diketahui kebenarannya.

Pernyataan presiden tersebut sekaligus meluruskan adanya isu Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menampar dan mencekik Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi saat rapat terbatas (ratas) berlangsung di Istana Presiden, Jakarta.

Sembari tertawa, Jokowi menyebut tidak menyangka adanya isu yang beredar tersebut.

“Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Bali Mester Jatinegara, Jakarta, Selasa, 19 September 2023 dikutip Suara.com–jaringan BantenHits.com–dari Antara.

“Masa nyekik…,” tambahnya.

Kepala Negara lantas meminta kepada masyarakat untuk lebih jeli dalam menerima berita yang beredar terutama di tahun politik.

“Memang tahun politik itu banyak berita-berita seperti itu. Tolong di kroscek, di kroscek kebenarannya jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita,” tuturnya.

Gosip yang tidak disertai dengan fakta terverifikasi ini jadi sorotan publik di laman sosial media. Soal bacapres yang disebut cekik dan tampar wamen ini diungkap oleh Alifurrahman dari SewordTV.

Sosok bacapres yang diduga tampar dan cekik wamen ini kemudian mengarah kepada menteri pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Terpisah, pihak Kementan sudah membantah isu tersebut. Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan, Arief Cahyono menjelaskan kalau isu tersebut tidak benar adanya.

“Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan Wakil Menteri Pertanian saat mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Negara, Kementerian Pertanian mengatakan bahwa tidak benar perihal kehadiran Wamentan dalam kegiatan tersebut,” kata Arief dikutip Selasa, 19 September 2023.

Arief memastikan kalau Wamen Harvick tidak mengikuti agenda rapat terbatas di Istana Negara. Menurutnya, ada protokol yang diterapkan pada setiap agenda yang dijalankan di Kementan.

“Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL,” ujarnya.

“Tidak mungkin ada agenda Ratas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan, sehingga munculnya berita yang beredar tidak sesuai dengan informasi yang terjadwal dalam agenda pimpinan Kementan,” sambungnya.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related