Cerita tentang Artaman yang Tewas di Lahan Terbakar yang Ingin Digarapnya di Legok

Date:

Jenazah Artaman, warga Dukuh Pinang, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang saat dievakuasi petugas. Artaman ditemukan twas di lahan kosong yang ingin digarapnya di Desa Legok, Senin siang, 25 September 2023. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Artaman (60), warga Dukuh Pinang, RT 01/ RW 02 Kelurahan Bojong Nanga, Kecamatan Kelapa Dua, Kota Tangerang Selatan, ditemukan tewas  di lahan kosong yang terbakar di Kampung  Legok, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Senin siang, 25 September 2023.

Pria yang sehari-hari bekerja di ladang ini, ditemukan sudah tak bernyawa sekitar jam 14.00 WIB oleh sekelompok anak-anak yang ingin melihat lahan kosong yang terbakar.

Lahan kosong yang terbakar berada di perbatasan lahan yang disebut warga sebagai aset Korem 052/ Wijayakrama dan kini sudah milik PT Summarceon.

Dikira Boneka

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, saat lahan kosong terbakar, sekelompok anak-anak di kampung itu kemudian beramai-ramai datang untuk melihat kebakaran dari dekat.

Saat itulah mereka menemukan mayat Artaman. Namun, semula anak-anak tersebut menyangka mayat Artaman itu hanya sebuah boneka hingga akhirnya dilaporkan kepada Kepala Desa Legok, Mulyana.

“Awalnya dikira boneka, kemudian mereka lari pulang ke rumah untuk memberi tahukan berita kepada Kades Legok, Bapak Mulyana bahwa ada mayat di tempat kebakaran,” ungkapnya.

Laporan yang diterima dari anak-anak tersebut, lanjut Ujat, kemudian diteruskan kepala desa ke salah seorang anggota TNI yang juga seorang Ketua RT setempat yang menempati rumah dinas TNI di sekitar lokasi.

“Kemudian Pak Kades menghubungi Sertu M Akbar untuk mengecek korban tersebut. Setelah dicek oleh Sertu M Akbar ternyata benar ada mayat yang terbakar,” ungkap Ujat.

“Sertu M Akbar melaporkan kepada Danramil Legok bahwa ada mayat di perbatasan tanah Korem yang saat ini sudah beralih kepemilikan ke PT Summarecon. Korban terbakar dengan posisi terlentang, dengan kondisi bekas terbakar api,” terang Ujat lagi.

Buka Lahan Garapan

Ujat mengungkapkan, berdasarkan pengakuan keluarga Artaman, sebelum peristiwa kebakaran itu Artaman sempat mengungkapkan keinginannya untuk membuka lahan garapan di lahan yang terbakar itu dengan cara membakar ilalang.

“Jadi Keterangan dari saksi Hasan, pada hari Senin pagi korban berada di lahan yang akan digarap dengan membakar ilalang supaya bisa untuk berkebun,” terang Ujat.

Ujat menambahkan, sekitar pukul 16. 00 WIB, tim INAFIS Polres Tangerang Selatan mendatangi lokasi untuk melakukan identifikasi terhadap korban.

“Karena permintaan pihak keluarga, korban dibawa ke rumah duka,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...