Strategi Pemkab Tangerang Agar Produk UMKM Tembus Pasar Nasional dan Global

Date:

Pemkab Tangerang memberikan edukasi digital marketing kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang agar produk UMKM tembus pasar nasional dan gobal. ILUSTRASI: Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amn saat meninjau produk unggulan seusai membuka Rakernas Apkasi XV dan Apkasi Otonomi Expo 2023 yang digelar di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis, 20 Juli 2023. (FOTO: istimewa)

Berita Tangerang – Edukasi digital marketing menjadi hal yang sangat penting untuk para pelaku UMKM. Pasalnya, tantangan ke depan yang akan dihadapi para pelaku UMKM bukan hanya produk dalam negeri, melainkan produk luar negeri yang semakin mudah masuk ke Indonesia.

Selain itu, persaingan harga yang akan semakin kompetitif di pasar, bakal menjadi tantangan berat jika para pelaku UMKM tak memiliki strategi untuk menghadapi kondisi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat usai menghadiri Sarasehan UMKM dan IKM di Tangerang yang mengangkat tema soal edukasi digital marketing bagi pelaku UMKM , Selasa, 21 November 2023.

“Bahwa tantangan ke depan bukan hanya (antar) produk dalam negeri. Tetapi nanti produk luar negeri menjadi tantangan yang besar, belum nanti ada persaingan harga. Makanya, edukasi digital marketing sangat penting,” kata Iskandar Nordat dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Edukasi digital marketing yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tangerang ini bertujuan agar pelaku UMKM dan IKM lokal bisa membawa produk mereka naik kelas. Dengan begitu, mereka bisa bersaing dengan pasar global di era digitalisasi saat ini.

“Kami di bidang ekonomi telah memilah mana UMKM dan mana IKM. Dan dua-duanya harus kami berikan edukasi pembinaan ini, sebagai upaya membangun ekonomi yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Dia mengatakan, persaingan usaha sangat tinggi di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Karena itu, perlu strategi untuk menjangkau pembeli dari semua kalangan dan wilayah.

Menurut dia, peran pemerintah daerah sangat diperlukan dalam memberikan pelatihan dan wawasan terkait penggunaan digital sebagai media pemasaran produk usaha yang dimiliki oleh para pelaku UMKM.

“Salah satunya upaya kita melakukan komunikasi ke semua arah, jadi konsep pentahelix bisa berjalan, artinya keterlibatan pemerintah ada, kemudian pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Kabupaten Tangerang dan menjadi penggerak ekonomi hingga tingkat wilayah terdalam.

“Tentunya kehadiran pelaku UMKM ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, mereka memiliki antusias yang besar. Termasuk mereka bisa berkontribusi dalam menekan inflasi daerah,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wujudkan Zero Waste, Pemkot Tangerang Maksimalkan Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Berita Tangerang - Sistem pengolahan sampah berbasis masyarakat adalah...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...