Terima Kasih, Bang Zaki! Jalan-jalan Kabupaten Tangerang Kini Terang berkat ’Tangerang Benderang’

Date:

Sepanjang 2023 Dishub Kabupaten Tangerang telah memasang sebanyak 4.154 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Tangerang melalui program Tangerang Benderang yang merupakan program ‘warisan’ Bupati Tangerang 2018-2023, Ahmed Zaki Iskandar atau Bang Zaki. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Bupati Tangerang periode 2018-2023, Ahmed Zaki Iskandar telah menuntaskan masa tugas pada September 2023 lalu. Namun, ‘warisan’ kebijakannya akan terus dirasakan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Salah satu program yang diwariskan Bang Zaki—sapaan populer Ahmed Zaki Iskandar adalah Program Tangerang Benderang. Program ini dieksekusi lewat Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik menjelaskan, sepanjang 2023 pihaknya telah memasang sebanyak 4.154 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Tangerang melalui program Tangerang Benderang.

Achmad Taufik menjelaskan, ribuan unit PJU tersebut telah terpasang di ruas jalan yang berstatus milik Pemkab Tangerang. Selain menerangi jalan, pemasangan lampu jalan juga ditujukan untuk meminimalisir tindak kriminal di malam hari.

Menurut Taufik,pihaknya juga menyiapkan tujuh tim yang terdiri dari 27 petugas PJU. Selain itu, Dishub Kabupaten Tangerang dilengkapi dengan 7 unit mobil PJU guna melakukan pemeliharaan dan perbaikan PJU yang sudah terpasang.

“Tahun 2023 ini telah terbangun sebanyak 4.154 unit PJU melalui program Tangerang Benderang. Dan perlu disampaikan bahwa PJU yang telah terbangun ini ada di ruas jalan Kabupaten (Tangerang), mengingat masing masing status jalan memiliki wewenangnya masing-masing, ada dari Pemprov dan Pemerintah Pusat,” kata Taufik, Rabu, 3 Januari 2023 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Pada 2024 ini, lanjut Taufik, Dishub Kabupaten Tangerang menargetkan pemasangan 2.000 unit PJU. Ribuan unit tersebut akan terpasang di daerah yang masuk titik prioritas, antara lain, rawan kriminal, rawan kecelakaan, dan area persimpangan. 

“Tentu kita terus berupaya untuk melakukan pembangunan, perbaikan dan perawatan PJU untuk menerangi titik-titik yang dirasa masih kurang penerangan. Sementara ini kita targetkan 2.000 unit, mudah-mudahan ke depan akan terus kita tambah dengan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada,” ujarnya.

Terkait adanya PJU yang mati, ia meminta kepada masyarakat untuk segera melapor melalui kanal pengaduan yang ada. Sebab, Dishub Kabupaten Tangerang akan segera mengirimkan personel untuk memperbaiki lampu PJU tersebut. 

“Segera lapor kepada kami jika menemukan lampu PJU yang mati, bisa melalui sosial media maupun melalui kanal pengaduan SP4N LAPOR!. Disamping itu juga kami meminta partisipatif aktif dari masyarakat untuk menjaga dan mengawasi PJU yang telah terpasang di jalan,” pungkasnya.

1.000 KM Jalan Terbangun

Mantan Bupati Tangerang dua periode, Ahmed Zaki Iskandar saat masih menjabat Bupati Tangerang. Foto ini merupakan momen saat Bang Zaki melakukan groundbreaking pembangunan Flyover Cisauk Oktober 2022 lalu. Kini Flyover Cisauk sudah siap doperasikan. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Selain pemasangan PJU, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang semasa kepemimpinan Ahmed Zaki Iskandar telah membangun 1.000 KM jalan yang menjadi target pembangunan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD 2019-2023.

Salah satunya adalah Flyover Cisauk yang Januari 2024 ini rencananya akan segera dioperasikan. Sejak 24 Desember 2023, Flyover Cisauk yang sudah tuntas pengerjaannya sedang diujicoba.

Kehadiran Flyover Cisauk praktis akan mengurai kemacetan yang saban hari menyergap kawasan ini.

Selain Flyover Cisauk, proyek lain yang sedang dibangun adalah Underpass Bitung. Proyek ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dimulai pada pertengahan 2023.

Adapun Pemkab Tangerang melalui Dinas Perumahan, Permukiman Dan Pemakaman (DPPP) juga telah melakukan pembebasan lahan dengan membayar tanah dan bangunan milik warga seluas 11.259 meter.

“Lokasi pengerjaan ini berdekatan dengan gerbang tol (Jakarta-Merak), jadi memang padat. Kami berharap masyarakat bisa bersabar dan mengerti. Harapannya underpass ini bisa mengurai kemacetan yang ada di daerah tersebut,” kata Zaki dalam keterangannya, Senin, 1 Desember 2023.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perbaikan sejumlah jalan, salah satunya ruas Jalan Raya Perancis hingga Jalan Raya Mauk-Sepatan.

Sementara proyek pembangunan jalan yang telah selesai dikerjakan, seperti peningkatan Jalan Curug-Binong, Jalan Borobudur Raya hingga Jalan Raya Cukanggalih.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

spot_img

Berita Lainnya
Related

Ini Kata Rano ‘Doel’ Karno saat Ditanya Pilih Maju Pilkada Banten atau Jakarta

Berita Pilkada - Anggota DPR-RI dari Partai PDIP yang juga...

Ketika Bupati Zaki Minta Sekda Maesyal Rasyid Cermat Gara-gara Temuan BPK Rp 153 M

Berita Tangerang - Gara-gara temuan BPK atau Badan Pemeriksa...

Program Bedah Rumah di Kota Tangerang Dilanjut, Target 2024 Ini 449 Unit

Berita Tangerang - Program Bedah Rumah di Kota Tangerang...