Momen-momen saat 20 Calon Cide Kode Benteng Kota Tangerang 2024 Ikuti Jelajah Sejarah dan Budaya Cina Benteng

Date:

Para peserta pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang 2024 berfoto bersama saat mengikuti Jelajah Sejarah dan Budaya Cina Benteng, Minggu, 21 Januari 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Yayasan Cide Kode Benteng, sebagai penyelenggara Pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang 2024, menggelar jelajah sejarah dan budaya Cina Benteng bertajuk “The Eternal Spirit of Cina Benteng”, Minggu, 21 Januari 2024.

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian dari pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang 2024 dan diikuti 20 peserta pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang 202a4.

Sejumlah tempat yang menjadi ciri khas Cina Benteng di Kota Tangerang menjadi destinasi dalam kegiatan ini, di antaranya Dodol Ny. Lauw, Mpe Cun, hingga Rumah Duka Boen Tek Bio.

Cide Benteng 2023, Upekha Tri Muliani mengatakan, jelajah budaya ini sebagai upaya memaksimalkan dan mendalamkan informasi budaya-budaya Cina Benteng di Kota Tangerang kepada para peserta. Jelajah budaya juga dibutuhkan untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya-budaya Cina Benteng.

“Para Cide Kode Benteng terpilih ini nanti tugasnya adalah membantu untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Cina Benteng. Sehingga, mereka harus mendalami dengan cara kunjungan langsung ke lokasi-lokasi yang memang sudah ditentukan oleh panitia. Terlebih, lokasi-lokasi ini juga memang menjadi bagian dari sejarah dari Cina Benteng di Kota Tangerang,” katanya dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Ia melanjutkan, tahapan selanjutnya bagi para peserta adalah workshop, karantina dan terakhir adalah pengumuman atau malam grand final yang akan dilaksanakan pada Maret 2024. Diharapkan, para Cide Kode Benteng 2024 terpilih dapat turut melestarikan dan mengenalkan budaya Cina Benteng tak hanya kepada warga Kota Tangerang tetapi juga kepada masyarakat luas.

“Kami harap, Cide Kode Benteng ini nantinya dapat mengenalkan dan melestarikan budaya Cina Benteng, khususnya kepada generasi muda saat ini. Sehingga, budaya-budaya Cina Benteng yang ada di Kota Tangerang akan terus lestari dan dapat dirasakan atau dinikmati oleh generasi-generasi penerus selanjutnya,” harapnya.

Para peserta pemilihan Cide Kode Benteng Kota Tangerang 2024 menaiki Bus Jawara saat mengikuti Jelajah Sejarah dan Budaya Cina Benteng 2024. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Sementara itu, salah seorang peserta, Grasiana Aurellia mengatakan, ia mengikuti Cide Kode Benteng karena ingin budaya Cina Benteng lebih dikenal oleh masyarakat bahkan hingga luar negeri. Sehingga, banyak yang akan melihat dan mempelajari budaya Cina Benteng ke Kota Tangerang dan akan mengangkat daya tarik wisata.

“Tentunya, jika banyak yang mempelajari dan ingin tahu tentang budaya Cina Benteng maka budaya ini akan terus berkembang, dan dikenal banyak orang. Kami harap, budaya Cina Benteng juga dapat dikenal hingga luar negeri. Sehingga, dapat menjadi daya tarik wisata budaya di Kota Tangerang,” tutupnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...