Dear, Warga Kota Tangerang! Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi 30 Januari – 5 Februari, Yuk Tingkatkan Antisipasi!

Date:

Petugas BPBD Kota Tangerang menyiapkan berbagai langkah antisipatif menghadapi terjadinya cuaca ekstrem di Kota Tangerang. (Foto: BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Warga Kota Tangerang diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan berbagai langkah antisipasi menyusul potensi cuaca ekstrem yang akan melanda wilayah Kota Tangerang selama beberapa hari ke depan.

Pemantauan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II menunjukkan, potensi cuaca ekstrem akan terjadi di Kota Tangerang selama sepekan mendatang, mulai 30 Januari-5 Februari 2024.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya secara bersama-sama untuk mencegah dampak buruk dari cuaca ekstrem yang akan terjadi. Hal ini mengacu pada laporan terbaru terbitan BMKG yang menunjukkan potensi cuaca ekstrem dan puncak musim penghujan akan melanda selama sepekan ke depan,” kata Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono, Selasa 30 Januari 2024.

Maryono menjelaskan, BPBD Kota Tangerang juga telah memasifkan informasi mengenai rekomendasi langkah-langkah antisipasi yang dapat disiapkan masyarakat secara mandiri. Seperti, menjaga arsip-arsip penting di tempat yang aman, membuang sampah pada tempatnya, membuat biopori, serta menjaga kesiapan infrastruktur sistem pengendali banjir yang tersedia di lingkungan sekitar, mulai dari pintu air, drainase, turap, dan pompa-pompa pengendali banjir.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan perangkat kewilayahan menyiapkan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem, terutama mengenai dampak banjir yang sering terjadi,” ujarnya.

BPBD Kota Tangerang, lanjutnya, juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan langkah-langkah responsif dalam merespon dampak buruk yang terjadi selama cuaca ekstrem melanda.

“Masyarakat bisa membiarkan informasikan jika ada dampak dari cuaca ekstrim dengan menghubungi panggilan darurat (112), hotline (021-5582144), atau mengunjungi delapan posko bencana yang telah disiapkan di berbagai wilayah,” imbuhnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...