Sekjen PBNU soal Pilpres 2024 Satu Putaran: Ibadah Puasa Khusyuk dan Hemat Anggaran Negara

Date:

Ilustrasi Pemilu 2024: Sinpo.id/Radar Mukomuko.

Berita Pilpres – Umat Muslim bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan tidak akan disibukkan dengan kampanye, serta hiruk-pikuk politik lainnya jika Pilpres 2024 berlangsung satu putaran. Selain itu, pelaksanaan Pilpres satu putaran juga bisa menghemat anggaran negara.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf yang biasa disapa Gus Ipul.

Jika melihat kalender 2024, awal bulan Ramadan 1445 H akan dimulai pada Minggu, 10 Maret 2024.

“Pas puasa nanti, kita bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk, tidak disibukkan dengan kampanye dan hiruk-pikuk lainnya,” kata Gus Ipul melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 31 Januari 2024 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Gus Ipul memandang positif apabila Pilpres 2024 berjalan hanya satu putaran. Bukan hanya soal ibadah, dengan Pilpres 2024 hanya berjalan satu putaran juga bisa menghemat anggaran negara. Pasalnya, jika pilpres 2024 berjalan dua putaran, maka negara harus menggelontorkan biaya senilai Rp 76,6 triliun.

“Kita bisa hemat anggaran,” ucapnya.

Ia juga merasa optimis Pilpres 2024 akan berjalan satu putaran saja usai melihat hasil survei LSI Denny JA teranyar.

Dalam hasil survei terlihat elektabilitas capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,7 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,7 Persen

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA, Adjie Al Faraby dalam paparannya, berdasar hasil survei lembaganya, elektabilitas Prabowo-Gibran untuk pertama kalinya tembus di atas 50 persen.

“Dua minggu menuju hari pencoblosan, pertama kali elektabilitas Prabowo-Gibran melampaui the magic number 50 persen,” kata Adjie kepada wartawan, Selasa, 30 Januari 2024.

Berdasar hasil survei tersebut, kata Adjie, peluang Prabowo-Gibran memenangkan kontestasi Pilpres 2024 sekali putaran semakin terbuka. Khususnya jika mereka mampu mempertahankan tren positif tersebut.

“Jika Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan tren positifnya, Pilpres 2024 semakin terbuka selesai satu putaran karena dengan margin of error (MoE, plus minus), Prabowo-Gibran kini di angka 47,8 persen (minus MoE) sampai dengan 53,6 persen (plus MoE),” katanya.

Sementara di posisi kedua ada pasangan nomor urut 1, Anies-Muhaimin dengan elektabilitas mencapai 22 persen. Kemudian pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud berada di posisi buncit dengan elektabilitas sebesar 19,7 persen.

“Pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud saling mengalahkan dalam lima surnas terakhir, tapi tetap dengan selisih margin of error,” ungkapnya.

Sebagai informasi survei LSI Denny JA dilakukan sejak 16 hingga 26 Januari 2024. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan menggunakan metode wawancara tatap muka. Batas kesalahan pada survei tersebut sebesar 2,9 persen.

Sumber: Suara.com

 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...