Mengenal Kampanye ‘Hand Hygiene’ yang Lagi Digalakkan RSUD Balaraja

Date:

RSUD Balaraja menggelar kampanye hand hygiene kepada pasien dan penunggu pasien. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Balaraja menggelar kampanye yang ditujukan bagi pasien atau penunggu pasien di rumah sakit tersebut, Jumat, 23 Februari 2024.

Kampanye yang dilakukan RSUD ini tak ada kaftan dengan politik, melainkan kampanye langkah cuci tangan (hand hygiene) untuk peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Kampanye ini diselenggarakan oleh Bidang Keperawatan bekerja sama dengan Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUD Balaraja. 

Menurut Direktur RSUD Balaraja, dr. Hj. Corah Usman, MARS, kampanye cuci tangan digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya penunggu atau pengunjung pasien pentingnya cuci tangan yang benar. Cuci tangan menjaga tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi dari pasien/orang sakit kepada orang sehat dan demikian pula sebaliknya.

“Mengusung tema ‘Hidup Sehat, Bebas Penyakit dengan Cuci Tangan’, kegiatan ini adalah sebagai bentuk sinergi RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang dalam mewujudkan pelayanan kesehatan paripurna melalui inovasi dan kolaborasi,” kata Corah dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Chorah menjelaskan, kampanye ini dilakukan di seluruh ruang rawat inap mulai dari lantai 1 hingga lantai 3 RSUD Balaraja.

“Perawat dan bidan sebanyak 20 orang berkeliling di ruang rawat inap lantai 1, 2 dan 3 untuk kampanye cuci tangan kepada penunggu dan pengunjung pasien,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan kampanye cuci tangan diikuti oleh 204 orang yang merupakan penunggu atau pengunjung pasien dan perawat-bidan RSUD Balaraja.

Pada praktik sehari-hari, enam langkah cuci tangan sebenarnya sudah dilaksanakan pada setiap unit perawatan oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya. Monitoring kegiatan ini dilakukan oleh perawat penanggung jawab pelaksana program pencegahan infeksi yang disebut sebagai perawat IPCLN (Infection Prevention Control and Link Nurse). 

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Kampanye ini juga kami sebarluaskan melalui IG LIVE di @rsudbalaraja agar makin luas masyarakat yang teredukasi terkait 6 langkah cuci tangan yang benar,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...