Aktivitas Pengerukan Tanah di Padasuka Lebak Dikeluhkan

Date:

Lebak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak diminta segera mengambil tindakan terkait aktivitas pengerukan tanah di Kampung Kalahang, Desa Padasuka, Kecamatan Warunggung.

“Enem meter badan jalan sudah mulai tergerus, pemerintah harus segera mengambil tindakan,” kata salah satu warga yang minta namanya tidak disebut kepada Banten Hits, Senin (30/10/2017).

Menurutnya, jika pengerukan terus dilakukan, bukan tidak mungkin longsor akan berpotensi terjadi di jalan poros desa yang merupakan jalur alternatif warga.

“Jalan itu sudah ada dari tahun 1975,” katanya.

Kepala Desa Padasuka Irawati mengaku, pihaknya sudah sering kali memperingatkan agar pengerukan lahan tersebut dihentikan. Kata dia, pengerukan pertama kali dilakukan pada tahun 2016 lalu.

“Waktu itu, kami cepat mengundang Adung (pemilik lahan) dihadiri BPD, kepolisian, tokoh masyarakat, LSM dan wartawan. Kami tegur, karena jalan itu merupakan akses masyarakat menuju ke desa lain. Tentu, sangat disayangkan kalau sampai jalan itu longsor akibat kepentingan pribadi,” terang Irawati.

Terpisah, Adung mengatakan, pengerukan dilakukan lantaram merasa tidak dihargai karena sebagian tanah miliknya digunakan membangun jalan.

“Itu yang saya tunggu. Saya juga manusia, sengaja saya keruk karena tidak ada yang datang, apalagi tanah yang dipakai jalan itu adalah milik saya pribadi. Awalnya, jalan yang di hotmix itu hanya akses menuju ke kuburan bukan jadi jalan poros desa,” tukasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jelang Pilkada Serentak 2024 di Banten, Golkar ‘Geber’ Silaturahmi dengan Parpol-parpol

Berita Banten - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...