Jelang Puasa, Disperindag Himbau Masyarakat Tidak Lakukan Aksi Borong Kebutuhan Pokok

Date:

Banten Hits.com – Mendekati bulan suci ramadhan, kebutuhan bahan pokok akan mulai mengalami kenaikan. Selain harga beras dan gas elpiji 3 kilogram, Dinas Perindustrian dan Perdangangan (Disperindag), mengaku tidak bisa intervensi terhadap harga kebutuhan bahan pokok atau sayur mayur di pasar.

“Kita hanya bisa intervensi kepada beras dan Gas, itu pun tidak sampai ke tingkat pengecer hanya sebatas tingkat agen dan pangkalan,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Lebak, Orok Sukmana, di Rangkasbitung.

Untuk menekan kenaikan harga mendekati bulan puasa, pihaknya, meminta, kepada para pelaku usaha (pedagang-red) untuk tidak menggunakan kesempatan di tengah tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan bahan pokok tersebut.

“Ya, kita minta pedagang tidak menggunakan kesempatan dengan menaikkan harga tinggi, normal-normal sajalah. Begitu juga masyarakat (pembeli-red), kita juga harapkan tidak membeli dengan memborong karena ini bisa memicu kenaikan harga,” jelasnya.

Kendati demikian, dari pantauan rutin Disperindag, kenaikan bahan pokok dan sayur di pasar tradisional belum signifikan dan masih dalam batas normal. Hanya beberapa saja kebutuhan dapur yang sudah mengalami kenaikan. Dan, ada juga beberapa yang mengalami penurunan.

“Cabe rawit, dari Rp33.500 turun Rp28.000, hanya bawang merah yang naik mencapai 10 persen dari Rp26.000 ke Rp29.200, dan bawang putih yang naik hanya 5 persen. Fluktuasinya memang dipengaruhi oleh pasokan barang,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...