Kampanye di Medsos, Akun Milik Paslon Bisa Disebut Ilegal

Date:

Banten Hits – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, mengaku, hingga saat ini belum pasangan calon (paslon) peserta Pilkada serentak maupun tim kampanyenya yang mendarftarkan akun media sosial (medsos) yang akan digunakan kampanye. Jika ada akun milik paslon yang sudah berkampanye di medsos maka akun tersebut ilegal.

Komisioner KPU Banten, Syaiful Bahri, mengatakan, kampanye melalui medsos memang sudah diatur dalam Peraturan KPU No 7. Dalam peraturan tersebut, seluruh akun medso yang dijadikan alat kampanye wajib didaftarkan ke KPU dengan mengisi form yang disediakan di KPU Kab/Kota masing-masing.

“Untuk pasangan calon segera daftarkan akunnya, baik facebook, twitter dan akun media sosial lainnya. Sampai saat ini belum ada yang mendaftarkan akunnya,” terang Syaiful pada rapat koordinasi KPU, Selasa (8/9/2015).

Pasalnya, akun-akun yang akan digunakan berkampanye medsos harus terdaftar di KPU, karena jika tidak ada sanksi sesuai yang terdapat di PKPU no 7.

Selain kampanye melalui medsos, Syaiful juga mengingatkan soal kampanye di media massa, baik baik cetak, elektronik atau online. Pada Peraturan KPU, paslon diperbolehkan melakukan kampanye di media secepat-cepatnya pada 22 November 2015.

“Setiap pasangan calon harus hati-hati. Baik debat maupun kampanye di media,” serunya.

KPU juga meminta agar masing-masing paslon memperkirakan budget yang dimiliki untuk melakukan kampanye di media.

“Dengan budget yang ada, harus bisa memilih media yang kira-kira sesuai. Jangan sampai ada indikasi berlebihan dalam dana kampanye,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...