Ini Strategi Relawan Arsid-Elvier Tangkal Politik Uang

Date:

Banten Hits – Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rawan kekcurangan dan politik uang. Pilkada yang dihasilkan dengan cara-cara curang dan politik uang, diyakini akan membuat pemerintahan yang tidak loyal kepada rakyat, bahkan cenderung korup.

Tim relawan Arsid-Elvier sudah memiliki metode khusus untuk menangantisipasi potensi terjadinya politik uang pada menjelang hari pencoblosan. Selain menggerakkan relawan, mereka juga akan mengajak pemilih untuk menangkal politik uang.

“Pada prinsipnya, sesuai dengan pesan kandidat, kami berkomitmen untuk mendorong ajang pilkada ini sebagai Pilkada Berintegritas. Dari semangat itulah kami kemudian membentuk tim relawan hingga di TPS untuk mengawasi serta melakukan pemantauan secara khusus terhadap upaya-upaya terjadinya tindakan money politic,” kata Koordinator Relawan Arsid-Elvier Widi Wirdawan dalam siaran pers yang diterima Banten Hits.

Menurut Widi, jika masyarakat sudah sama-sama menyadari pentingnya mendorong proses demokrasi ini sebagai pilkada berintegritas, maka pilkada Tangsel tahun ini akan benar-benar menghasilkan sosok pemimpin yang berintegritas. 

“Karena itu, mari kita kawal pilkada ini secara bersama-sama,” katanya.

Widi mengungkapkan, tim relawan Arsid-Elvier juga telah membekali tim dengan bimtek, khususnya mengenai metode pengawasan pilkada secara menyeluruh. Mereka yakin, potensi kecurangan tidak sekadar pada tindakan membagi-bagikan uang kepada pemilih saat hari pencoblosan, tetapi juga soal proses penghitungan serta rekapitulasi suara di tingkat penyelenggara.

“Belajar dari pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya, ternyata proses penghitungan dan rekapitulasi suara menjadi salah satu tahapan pemilu yang rawan kesalahan. Itu sebabnya kami akan secara khusus menenmpatkan personel relawan yang sungguh-sungguh memahami tahapan tersebut agar dapat menghindari kesalahan,” ungkapnya.(Rus) 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ternyata Ini Alasan Prabowo Usung Muhammad-Sara di Pilkada Tangsel 2020

Jakarta - Kota Tangsel dihuni masyarakat yang serupa dengan...

Peluang Menang Muhammad-Sara Lebih Besar di Pilkada Tangsel, NasDem Abaikan Kadernya yang Berkoalisi dengan Keponakan Ratu Atut

Jakarta - Pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) yang diusung...

Prabowo Subianto Akan Turun Langsung Menangkan Muhammad – Rahayu pada Pilkada Tangsel 2020

Tangsel - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan...

Istimewanya Pilkada Tangsel sampai Prabowo Subianto Umumkan Langsung Jagoannya

Jakarta - Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Muhammad -...