Pilih Daging Ayam, Konsumsi Ikan Masyarakat Pandeglang Sangat Rendah

Date:

Banten Hits – Provinsi Banten mempunyai tingkat konsumsi ikan paling tinggi se-Pulau Jawa. Namun di daerah Banten Selatan tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat masih menjadi suatu hal yang terbilang mewah.

Setiap tahun nya, jumlah rata-rata konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Pandeglang hanya 1 kilogram per orang. Padahal setiap tahunnya, jumlah hasil tangkapan ikan nelayan di Kabupaten tersebut mencapai 292 ribu ton setiap tahunnya

“Masyarakat Pandeglang masih lebih memilih daging ayam atau kerbau untuk dikonsumsi dibandingkan ikan. Masyarakat masih banyak yang belum menyadari kalau kandungan gizi pada ikan lebih tinggi,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pandeglang, Tata Nanjar kepada wartawan, Rabu (25/11/2015).

Kendati hasil tangkapan ikan masyarakat terbilang cukup tinggi, namun masyarakat lebih memilih menjual ikan hasil tangkapannya ketimbang untuk dikonsumsi sendiri.

“Nelayan di Pandeglang lebih milih menjualnya sendiri daripada harus menjual di tempat pelelangan ikan. Ini berdampak kepada pendapatan yang dihasilkan nelayan yang tidak bisa mencukupi untuk keperluan sehari-hari, sehingga berdampak pada taraf ekonomi masyarakat yang rendah,” papar Tata.

Untuk menggenjot tingkat konsumsi ikan di masyarakat, DKP telah menyiapkan berbagai upaya. Salah satunya, sosialisasi yang diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya mengkonsumsi ikan.

“DKP sedang merancang berbagai program, seperti mengadakan perlombaan memasak dengan berbahan baku ikan,” tutupnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...