Delapan Kali WTP, Zaki: Tahun Ini Paling Berat

Date:

Banten Hits – Selain kepada Kota Tangerang, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI juga memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tangerang TA 2015.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersyukur, Kabupaten yang dipimpinnya kembali mampu meraih opini WTP dari BPK hingga delapan kali berturut-turut.

Zaki mengaku, tahun ini merupakan tahun terberat bagi Kabupaten Tangerang untuk mempertahankan opini WTP, dengan adanya perubahan sistem dari berbasis kas ke sistem berbasis akrual.

“Tahun ini paling berat mempertahankan opini WTP dengan sistem yang baru , jadi mudah-mudahan kedepan kita bisa lebih mempersiapkan lagi,” ujar Zaki, kemarin.

Ditambah lagi, ada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terlena dengan opini WTP yang tujuh kali berturut-turut didapat Kabupaten Tangerang, sehingga hal tersebut membuat kurang concern Dinas tersebut.

“Ini semua akan jadi bahan evaluasi. Kemudian tindak lanjut dari semua hasil BPK ini dan kita akan eliminir, kelemahan yang kita punya, sehingga kedepannya akan lebih baik lagi,” jelas Zaki.

Zaki meminta, pada tahun 2016 seluruh SKPD sudah mempersiapkan updating data agar nanti pada saat pemeriksaan pada tahun depan, data-data yang diperlukan sudah siap dan lengkap.

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Yusnadewi menjelaskan, pada semester I TA 2015, BPK Perwakilan Banten secara serempak telah melakukan pemeriksaan atas LKPD TA 2015 pada sembilan entitas pelaporan Pemerintah Daerah di Provinsi Banten yang meliputi delapan Pemerintah Kabupaten/Kota dan satu Pemerintah Provinsi.

“Akuntansi berbasis akrual merupakan salah satu sarana pendukung yang saat ini diperlukan oleh Pemerintah dalam rangka transparansi dan akuntabilitas Pemerintah, utamanya dalam hal SDM, teknologi informasi, perangkat kebijakan akuntansi, dan proses bisnis yang mendukung pelaksanaan sistem akuntansi berbasis akrual tersebut,” paparnya.

Diketahui, dari hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD 6 Pemerintah Kabupaten/Kota yang diserahkan Selasa (31/5/2016), BPK memberikan opini WTP kepada 5 Kabupaten/Kota diantaranya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Seran. Sementara, opini WDP diberikan BPK kepada Kabupaten Pandeglang. Untuk Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan dilakukan secara terpisah.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...