Pantau Pengelolaan Sampah, DKP Kota Tangerang Kembangkan Silacak

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) terus mengembangkan berbagai sistem online terkait dengan pengelolaan sampah terpadu melalui aplikasi yang tengah dibangun. Salah satu sistem yang akan dikembangkan adalah Silacak.

Kepala DKP Kota Tangerang Ivan Yudhianto menjelaskan, Silacak merupakan sistem yang bertugas mengelola informasi pergerakan armada pengangkut sampah di Kota Tangerang. Sistem ini juga sebagai alat kontrol proses penimbangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing secara Near-Real Time.

“Silacak akan kita kembangak sebagai pusat kontrol pengelolaan sampah. Silacak akan menampilkan seluruh informasi tentang pengelolaan sampah. Mulai dari armada, pengelola dan jumlah sampah terserap dan yang tereduksi setiap harinya,” beber Ivan, Jumat (23/9/2016).

Ivan menerangkan, Silacak akan terintegrasi dengan Sitimbang untuk mengambil data penimbangan sampah dan Sistem Informasi Tenaga Harian Lepas (SITHL).

Lebih lanjut Ivan menyampaikan, ada pula SITHL untuk mengolah data Tenaga Harian Lepas (THL) diantaranya supir, kernet, tenaga pemelihara taman, tenaga kebersihan dan petugas lainnya.

“Sistem ini menjadi basis utama sistem lainnya yang dikembangkan di DKP dalam menyediakan data THL,”terang Ivan.

Lalu Sitimbang merupakan sistem utama dalam proses penimbangan sampah melalui jembatan timbang di TPA Rawa Kucing. Sistem ini berjalan offline namun terdapat proses yang berjalan dibackgorund untuk mengirimkan data hasil timbangan lengkap dengan detail data lainnya terkait Silacak.

“Kita terus mengintegrasikan aplikasi yang ada untuk menyediakan data mengenai pengolahan sampah dan kebersihan serta penataan taman,” katanya. Ivan.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related