Soal Money Politics di Pilgub Banten, KPU Berharap Pemilih Pemula Cerdas dan Kritis

Date:

Banten Hits – Pemilih pemula yang di dalamnya pelajar dan mahasiswa diharapkan ikut berperan mencegah money politics di Pilgub Banten 2017.

Program goes to school maupun goes to campus yang gencar dilakukan KPU tak lain merupakan upaya penyelenggara pemilu untuk menanamkan bahayanya money policis terhadap pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Melalui program itu kami berharap praktik money politics bisa mulai diakhiri oleh para pemilih pemula dengan sikap cerdas dan daya kritis mereka,” ujar Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri, kemarin.

Begitu juga pada agenda politik lainnya, seperti Pileg dan Pilpres. Ia berharap prilaku pemilih pragmatis tak lagi berorientasi pada iming-iming uang.

“Untuk itu kita harapkan para pemilih pemula dan muda yang totalnya mencapai 30 persen di DPS bisa ikut menghentikan praktik ini,” harapnya.

Semua elemen masyarakat sambung Syaiful juga punya kewajiban memberikan kesadaran kepada para pemilih bahwa menjual suara merupakan budaya yang sudah harus ditinggalkan.

“Ini harus jadi komitmen semua pihak termasuk media untuk mendorong bahwa pilihan itu bukan karena barang, uang atau pun sesuatu tapi memilih karena rekam jejak dan prestasi kandidatnya, serta lihat juga bagaimana kerja tim suksesnya saat memberikan informasi calon yang diusungnya,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KPU Kabupaten Serang Hibahkan APD dan Alkes yang Dipakai saat Pilkada ke Pemkab

Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menghibahkan...

Pemilih di Kabupaten Serang Terbanyak pada Pilkada Serentak 2020

Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menyediakan...

Tok! KPU Tetapkan Ada 297.045 Daftar Pemilih Tetap di Pilkada Kota Cilegon

Cilegon- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menetapkan terdapat...

KPU Pandeglang Batasi Umur Petugas KPPS, Umur di Atas 50 Tahun Ditolak

Pandeglang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang membatasi umur...