Launching Pemantauan Anti-Politik Uang, JRDP: Informasi Kami Lebih Cepat

Date:

Pilkada
Launching dan Diskusi Pemantauan Anti-Politik Uang di Pilkada Kota Serang. (Foto: Istimewa)

Serang – Praktik politik uang ditengarai masih akan terjadi dalam pilkada serentak di Banten, mengingat provinsi ini merupakan daerah yang memiliki kerawanan pemilu tertinggi di Indonesia setelah Papua dan Aceh.

“Peran pemantau dalam penyelenggaraan pemilu sangat penting, mengingat keterbatasan penyelenggara untuk memantau seluruh rangkaian (pilkada),” kata Dewan Pembina Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP) Eka Setia Laksana, Rabu (27/12/2018).

Pernyataan Eka tersebut disampaikan saat launching dan diskusi pemantauan anti-politik uang yang dilakukan JRDP di Aula Utama, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten.

JRDP adalah salah satu lembaga pemantau pemilu independen yang concern terhadap tindak pelanggaran penyelenggaraan pesta demokrasi. Salah satu wilayah yang bakal dipantau JRDP adalah pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018.

Launching dan diskusi tersebut diikuti puluhan relawan JRDP yang juga akan diterjunkan untuk memantau penyelenggaraan Pilkada Kota Serang secara utuh.

“Informasi awal kita yang telusuri dan biasanya lebih cepat dari penyelenggara,” ujar Eka.

Mantan anggota Bawaslu Banten tersebut menegaskan, relawan pemantau harus menjadi pioner penyelenggaraan demokrasi yang sehat, karenanya setiap temuan harus dilaporkan dan ditindaklanjuti.

“Haram (JRDP) menjadi pengepul laporan atau temuan saja. Kalau ada temuan pelanggaran harus segera dilaporkan atau disampaikan,” tegasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulyadi Jayabaya Beri Sinyal ke PKS soal Pilkada Lebak, Apa Itu?

Berita Lebak- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera...

PKS Lebak Daftarkan Bacaleg ke KPU Sebari Gowes Becak

Berita Lebak- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak resmi...

AHY: Suara Demokrat di Banten Dipercayakan ke Iti Jayabaya

Berita Lebak- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono...

Jurus PPP Cilegon Rebut Kemenangan di Pemilu 2024, Bacaleg Dibekali Ini

Berita Cilegon- DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon...