Aktivis Perempuan di Pandeglang Dorong RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Segera Disahkan

Date:

Aktivis Perempuan di Pandeglang Dorong RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Segera Disahkan
Sejumlah aktivis perempuan di Pandeglang menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati dan Gedung DPRD Pandeglang. Mereka mendesak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sejumlah aktivis perempuan di Pandeglang yang tergabung Aliansi Perempuan Cipayung Plus yang terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa seperti PMII, HMI, GMNI, LMND Kabupaten Pandeglang, berunjuk rasa di halaman Kantor Bupati dan Gedung DPRD Pandeglang, Kamis, 13 Desember 2018.

Mereka mendesak pemerintah dan DPR segera mengesahkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Mereka khawatir jika RUU PKS tidak segera disahkan kekerasan seksual terhadap perempuan akan semakin meningkat.

“Kami meminta pemerintah segera mengesahkan RUU PKS agar memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan seksual,”
Kata Korlap Aksi, Sarinah Yati.

Para aktivis perempuan ini juga meminta agar pemerintah memberikan perlakuan khsusus kepada anak korban kekerasan, karena berdasarkan fakta yang terungkap, korban kekerasan dapat menjadi pelaku kekerasan jika psikologisnya terganggu.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya perlindungan anak dan perempuan dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa adanya perlakuan diskriminatif,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang dipimpin bupati perempuan, juga diminta lebih serius dalam mensosialisasikan UU perlindungan Perempuan dan Anak, mengingat kasus kekerasaan terhadap perempuan dan anak masih kerap terjadi di Pandeglang.

“Lawan dan tolak segala bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak dirumah, disekolah, dikampus, ditempat kerja, dijalan dan tempat umum. Tangkap dan hukum pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak, berikan mereka efek jera,” tandasnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...