Jadi Mahasiswa Program Doktoral UPH, Ini Gaya Sandiaga Presentasikan Riset soal UMKM di InCoGITE

Date:

Sandiaga Uno mempresentasikan riset soal UMKM di InCoGITE. Riset disampaikan Sandi dalam kapasitas sebagai mahasiswa program doktoral UPH. (FOTO: Media Relations UPH)

Tangerang – Inovasi sangat diperlukan bagi seluruh sektor usaha dalam menghadapi revolusi industri 4.0, tidak terkecuali sektor usaha nikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal tersebut diungkapkan mantan calon wakil presiden yang digandrungi millenials Sandiaga Salahuddin Uno saat mempresentasikan hasil risetnya sebagai mahasiswa Program Doktor Manajemen Universitas Pelita Harapan (UPH), Kampus Lippo Village, Kabupaten Tangerang, Kamis, 7 November 2019.

Presentasi hasil riset yang dilakukan Sandiaga bersama dua rekan peneliti lainnya dari UPH dilangsungkan dalam sesi diskusi paralel pada International Conference on Global Innovation and Trends in Economy (InCoGITE).

Selain Sandiaga, ada lebih dari 50 peneliti yang mempresentasikan hasil penelitiannya dalam konferensi ini. InCoGITE 2019 digagas oleh 3 kampus besar di Tangerang yaitu, UPH, UMN, dan SGU.

Tahun ini merupakan event pertama dan tahun 2020 akan diselenggarakan di kampus SGU. InCoGITE sendiri berfokus pada topik innovation and trends in economy.

Sandiaga Uno mempresentasikan hasil riset pada Konferensi INCOGITE 2019 yang berlangsung di UPH. (FOTO: Media Relations UPH)

Sandiaga, sebagai peneiliti utama, menyampaikan hasil temuannya yang berfokus pada UMKM dengan judul penelitian, “The Effect if Entrepreneurial Values and Entrepreneurial Orientation on the Micro, Small, Medium Business’s Financial Performance”.

“Dalam penelitian yang saya sampaikan tadi bahwa sektor UMKM memerlukan inovasi, pengambilan risiko, dan secara proaktif mengambil peluang. Hal ini akan menentukan kesuksesan perekonomian Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Ini semua terbalut dalam semangat kewirausahaan atau entrepreneurial orientation”, tutur Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com dari UPH.

Menurut Sandi, revolusi industri 4.0 turut melibatkan digitalisasi yang menjangkau berbagai lapisan, karenanya para perlaku UMKM juga perlu untuk mengadaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mencapai tujuan dari revolusi industri 4.0 itu sendiri.

“Caranya bisa dengan mengadakan pelatihan (training), membentuk jejaring (networking), dan silahturahmi di antara para pelaku UMKM. Jika mereka dapat mengadaptasi teknologi dengan lebih cepat, kemampuan mereka untuk berinovasi dan bersaing akan meningkat, serta revolusi industri 4.0 itu bisa terwujud”, tambahnya.

Penelitian yang dilakukan Sandiaga Uno sendiri merupakan kombinasi dari tiga variabel yang terdiri dari, variabel entrepreneurial values, entrepreneurial orientation, dan financial performance, dengan mengambil sampel 32 UMKM sebagai objek penelitiannya. Penelitiannya ini menghasilkan hubungan yang positif antara satu variabel dengan variabel lainnya.

Pada akhir paparannya, dia menegaskan agar para pelaku UMKM harus cepat untuk mengadopsi berbagai inovasi teknologi terkini, sehingga efisiensi dari UMKM semakin meningkat dan juga daya saing semakin kuat.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Harga Beras hingga Cabai Rawit di Banten Stabil, Ini Rahasianya!

Berita Banten - Harga 20 komoditi pokok di Banten...

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...