Puluhan Jembatan di Lebak Rusak Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, Kerugian Tembus Rp 56 Miliar

Date:

Kepala DPUPR Lebak, Maman Suparman (kanan) saat memberikan keterangan pers usai meninjau lokasi jembatan rusak. (Istimewa).

Lebak- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak mencatat terdapat 28 jembatan rusak akibat diterjang bencana banjir bandang dan longsor, Rabu, 1 Januari 2020. Seluruhnya tersebar di enam Kecamatan Kabupaten Lebak.

Masing-masing Kecamatan Sajira, Cipanas, Lebakgedong, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Baca Juga: Diterjang Banjir Bandang, Jembatan Penghubung Sajira-Muncang Putus

Dari data yang diterima BantenHits.com Kecamatan Cipanas menjadi wilayah paling banyak terdapat jembatan rusak dengan total 11 unit, 3 unit di Kecamatan Lebakgedong, 1 unit di Maja, 1 unit di Curugbitung, 7 unit di Sajira dan 4 unit di Kecamatan Cimarga.

“Jembatan yang rusak itu macam-macam mulai dari jembatan gantung non permanen, permanen, komposit sampai rangka,”kata Kepala DPUPR Lebak, Maman Suparman kepada awak media, Selasa, 7 Januari 2020.

Selain jembatan terdapat beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang. Dimana hasil verifikasi dan cek lokasi kerugian diprediksi mencapai Rp56 Miliar.

“Diperkirakan kerugian akibat banjir bandang dalam segi infratsruktur baik jalan ataupun jembatan sekitar Rp56 miliar,”katanya.

Untuk penanganan sementara mengenai jembatan yang terputus, Maman mengaku telah berkoordinasi dengan pihak TNI – Polri dan masyarakat untuk membangun jembatan sementara.

“Kita bikin jembatan sementara dan ini sudah kita lakukan kerjasama TNI-Polri masyarakat sehingga akses ini bagaimana upaya pemerintah memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang terkena bencana sehingga kita sudah melakukan dan akses untuk masyarakat sudah berjalan sekarang,”tuturnya.

Maman menegaskan untuk perbaikan, pemerintah Kabupaten Lebak akan mengupayakan secepat mungkin.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...