Connect with us

METROPOLITAN

Unpam Bangun 12 Gedung Berlantai 10 di Serang; Biaya Kuliah Hanya Rp 150 Ribu, Penyandang Disabilitas Gratis

Published

on

Wali Kota Serang Syafrudin bersama Ketua Yayasan sekaligus pemilik Unpam Darsono (baju batik) saat meletakan batu pertama tanda mulainya proses pembangunan gedung Unpam di Kota Serang. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Pembangunan gedung Universitas Pamulang atau Unpam di Jalan Raya Serang-Jakarta, tepatnya di Kampung Limandang, Kelurahan Kelodran, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, resmi dimulai, Senin 20 Januari 2020.

Wali Kota Serang Syafrudin melakukan pemancangan tiang pertama sebagai tanda dimulainya pengerjaan proyek tersebut.

Rencananya universitas tersebut akan membangun 12 gedung, dimana setiap gedung memiliki 10 lantai dan bisa menampung sekitar 200 ribu mahasiswa.

Biaya Super Murah

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup selaku pengelola Unpam, Darsono kepada awak media di lokasi mengatakan, keberadaan gedung baru Unpam di ibukota Provinsi Banten untuk menghadirkan kesempatan pendidikan untuk warga Banten.

BACA :  Meriahkan HUT Bhayangkara, Polda Banten Jalan Santai Bersama TNI dan Masyarakat

“Dengan biaya terjangkau Rp 150 ribu per bulan, jadi per semester Rp 900 ribu dan ini tidak mengunakan uang gedung,” jelas Darsono.

“Dengan kehadiran kita bukan hanya kesempatan pendidikan tapi juga kesempatan usaha, kesempatan bekerja. Saya optimis banyak masyarakat yang ingin kuliah,” sambungnya.

Menurut Darsono, di Kota Serang masyarakat yang mengenyam pendidikan mencapai perguruan tinggi, masih di bawah dari rata-rata, yakni untuk nasional 34 persen. Sementara di Kota Serang hanya 12 persen.

“Masalahnya itu karena keterbatasan, karena ekonomi terutama. (Jadi) bukan (warga) tidak ingin kuliah. Mau kuliah tapi tidak terjangkau. Nah ini kita buat keterjangkauan kuliah, biasanya hambatan itu di uang masuk yang berjuta-juta, kita hanya dengan 150 ribu bisa kuliah,” jelasnya.

BACA :  Tabrak Mobil Saat Balapan Liar di Jalan Rangkasbitung-Pandeglang, Alamsyah Tewas

Untuk tahun depan, Darsono menargetkan pembangunan di Unpam Kota Serang sudah mencapai 3 sampai 4 lantai dan langsung bisa menerima mahasiswa.

“Tidak sekaligus menerima banyak, sekarang ada enam fakultas seperti ekonomi, teknik, hukum, sastra, mipa dan FKIP ada 17 program studi kalau dengan kesehatan ada 25 program studi,” paparnya.

Kuliah Gratis untuk Disabilitas

Darsono menambahkan, Unpam juga mempunyai program khusus, seperti masyarakat yang menyandang disabilitas bisa kuliah gratis tanpa adanya embel-embel biaya apapun.

“Kita gratis semua kalau sodara (disabilitas) sudah punya izasah SMA, silakan daftar saat ini. Masih ada di Unpam Pamulang, kita gratis dan semua peralatan yang diperlukan kita berikan semua gratis sampai lulus,” tegasnya.

BACA :  Gelar Unras, SWOT Sebut Kisruh Relokasi PKL Stadion Maulana Yusuf Bukti Gagalnya Kepemimpinan Syafrudin-Subadri

Sementara itu Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan pembangunan Unpam di Kota Serang akan berikan kontribusi yang terbaik termasuk perputaran ekonomi di Kota Serang.

“Kalau kerja sama belum dilaksanakan ke depannya akan ada kerja sama untuk sama sama membantu meringankan beban pendidikan untuk Kota Serang,” jelasnya.

Hadirnya kampus baru Unpam di Kota Serang, lanjutnya, merupakan komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Kota Serang yang saat ini masih rendah.

“Sisi SDM memang belum sehebat kabupaten kota lainya. Kalau Kota Serang dari sisi ekonomi masih jauh, kebanyakan lulus SLTA cari kerja,” ungkapnya.

“Insallah dengan biaya (kuliah) Unpam ini yang murah, mudah-mudahan masyarakat Kota Serang yang lulus SLTA langsung kuliah di Unpam,” tukasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Advertisement
    2 Comments

    2 Comments

    1. Rezky

      20/01/2020 at 20:06

      Yang baju batik adalah ketua yayasan Bpk Darsono… Itu caption di photo salah min

    2. aji

      20/01/2020 at 20:38

      maaf itu bukan pak dayat , itu pimpinan yayasan sasmitha jaya sekaligus pemilik unpam bpk H Darsono

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    2 × five =

    Terpopuler