Connect with us

Berita Terbaru

Dandim Lebak Ajak Petani Pakai ‘Cairan Mujarab’ Atasi Lahan Tandus

Published

on

Dandim 0603 Lebak, Letkol Inf Nur Wahyudi saat mensosialisasikan pupuk cair jenis bios 44 kepada para petani di Rangkasbitung. (Istimewa)

Lebak- Kodim 0603 Lebak memberikan solusi untuk para petani di Kabupaten Lebak yang terkendala lahan tandus. Adalah Pupuk Organik cair jenis Bios 44.

‘Cairan mujarab’ itu dipercaya memberikan manfaat untuk pertanian dan terbukti dapat menyuburkan tanah, juga ramah lingkungan.

Dalam penggunaannya, Dandim 0603 Lebak, Letkol Inf Nur Wahyudi menpraktekannya langsung kepada lahan tandus seluas 2.000 meter persegi milik salah satu anggota kelompok tani Tenjo Laut, Kelurahan Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Senin, 17 Agustus 2020.

“Uji coba penggunaan pupuk cair Bios ini, hari ini kita lakukan di lahan Poktan di Kelurahan Cijoro Pasir. Ini kita akan tanami Pepaya California tapi dengan sistem tumpang sari bisa dengan cabai atau terong nantinya,” tukas Dandim Lebak.

BACA :  Buruh di Cilegon Tuding Sistem Pengupahan PT Dongjin Indonesia Tak Sesuai PKB

“Pemakaian pupuk cair Bios ini, agar tanah yang tidak produktif menjadi produktif dan bisa ditanami, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani,”tambahnya.

Di tempat yang sama, Aden (42) anggota Poktan Tenjo Laut, mengaku sangat terbantu dengan pemberian pupuk cair Bios 44 dan bibit Pepaya California dari Kodim Lebak.

Kata Aden, di lahan tanah miliknya seluas 2000 meter persegi, yang tadinya tandus setelah diberi pupuk cair Bios tanahnya akan menjadi subur.

“Ini saya akan tanami Pepaya California, kami tahu Pepaya jenis itu punya nilai ekonomis yang tinggi,” ucapnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler