Connect with us

Berita Terbaru

Syahbandar Latih Nelayan di Pandeglang Agar Ahli saat Melaut

Published

on

Syahbandar Labuan saat Melatih Nelayan di Pandeglang.(Samsul Fatoni/BantenHits.com)

Pandeglang – Puluhan nelayan di wilayah Kecamatan Labuan, Pandeglang, diberikan pelatihan keselamatan dalam berlayar melalui kegiatan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) oleh UPP Kelas III Syahbandar Labuan.

Pelatihan itu dilakukan, agar para nelayan memiliki keahlian dalam berlayar guna meminimalisir potensi kecelakaan laut bagi para nelayan itu sendiri.

Kepala UPP Kelas III Syahbandar Labuan, M Ridwan mengatakan, betapa pentingnya keselamatan para nelayan saat berlayar melakukan aktivitas penangkapan ikan. Maka dari itu, pihaknya melakukan pelatihan atau diklat BST-KLM bagi para nelayan, supaya dapat meminimalisir potensi kecelakaan laut.

“Ini kegiatan dasar sebagai pengetahuan bagi para nelayan, bagai mana mereka (nelayan) bisa mengantisipasi potensi-potensi kecelakaan laut. Dan ketika kecelakaan itu pun terjadi, bagaimana carana nelayan dalam menyelamatkan diri,” ungkapnya, Kamis 18 November 2021.

BACA :  Wafat Saat Gempa 6,9 Guncang Banten,¬†Keluarga Dua Korban Meninggal di Lebak Dapat Santunan Menteri Sosial

Dikatakannya, dalam diklat ini para nelayan dilatih bagaimana cara berlayar yang baik, melakukan pemadaman ketika terjadi kebakaran di kapal serta pelatihan lainnya.

“Ini penting difahami para nelayan, supaya mereka dapat menjaga keselamatan diri ketika melakukan aktivitas melaut,” katanya.

Selain itu, para nelayan juga diberikan pemahaman tentang bagaimana peraturan saat hendak berlayar. Seperti menyiapkan perlengkapan keselamatan diri yaitu jaket pelampung, alat pemadam kebakaran, serta perlengkapan lainnya.

“Pada kegiatan diklat ini ada sekitar 30 nelayan yang ikut. Diharapkan mereka dapat memahami dan materi-materi yang diberikan oleh para pemateri dalam diklat ini,” harapnya.

Editor : Engkos Kosasih

 

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler