Asyik! Mulai 2023 Warga Lebak Bisa Cetak Sendiri e-KTP dan Kartu Keluarga

Date:

Disdukcapil Cilegon
Mulai 2023 Warga Lebak bisa cetak sendiri e-KTP dan Kartu Keluarga. Foto Ilustrasi KTP Elektronik (E-KTP). (Dok. BantenHits)

Berita Lebak – Kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Lebak. Tahun depan mereka bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri seperti e-KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, akta kematian, dan identitas anak.

Bagaimana tidak, di tahun 2023 pemerintah Kabupaten Lebak menargetkan untuk menyediakan mesin anjungan sendiri.

PLT Kepala Disdukcapil Lebak Ahmad Nur mengatakan, mesin itu sengaja disiapkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam kepengurusan kependudukan.

“Kan nanti kalau ada mesin itu, masyarakat Lebak tidak perlu repot-repot datang ke kantor Disdukcapil Lebak, karena mereka langsung bisa mencetak dokumen kependudukannya sendiri,”kata Ahmad Nur, Selasa, 13 Desember 2022.

Kata Nur, mesin anjungan itu akan ditempatkan di mal pelayanan publik (MPP) Plaza Lebak. Kehadirannya diharapkan dapat lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya.

“Nah nanti di lokasi tersebut akan ada petugas yang menjaga mesin ADM nya jadi jika masyarakat ada kendala dalam pencetakan akan dipandu oleh petugas tersebut,” bebernya.

Lebih jauh dia menjelaskan mekanisme untuk mencetak dokumen kependudukan di mesin anjungan, masyarakat terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Disdukcapil untuk mendapat QR Code yang akan dikirim melalui email.

“QR Code itu hanya bisa digunakan untuk satu kali permohonan dokumen kependudukan. Jadi kalau permohonannya untuk cetak KTP tidak bisa digunakan untuk cetak yang lain harus masing-masing, QR Code berlaku 30 hari, nanti lama cetak dokumennya hanya berkisar 5 menit, jadi lebih mudah kan,” tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...