Bu Iti Tolong, Warga Cikamunding Butuh Tempat Penampungan Sampah: Sudah Mendesak!

Date:

Iti Tinjau Bank Sampah
FOTO ILUSTRASI. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat meninjau bank sampah induk di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). (Foto: Dok. Banten Hits)

Berita Lebak– Pemerintah Kabupaten Lebak diharapkan segera menyiapkan tempat penampungan sampah di Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng.

Bukan tanpa alasan, jika dibiarkan khawatir akan terjadi penumpukan sampah hingga memicu pencemaran lingkungan.

Ya, belakangan ini warga di perbatasan Provinsi Banten dengan Sukabumi, Jawa Barat itu hanya bisa membuang sampah ke sungai dan hutan.

Maklum saja hal itu terpaksa dilakukan karena di desa mereka tidak memiliki tempat penampungan sampah yang layak.

“Iya mau enggak mau kami harus buang ke sungai atau ke hutan, soalnya enggak ada tempat untuk membuang sampah yang layak,” kata Sutarya salah seorang warga.

Menyadari bahwa membuang sampah di tempat sembarangan dapat menyebabkan dampak negatif. Bukan hanya bisa mendatangkan berbagai penyakit dan pencemaran lingkungan, melainkan juga potensi banjir.

“Harapan kami sih pemerintah daerah bisa membangun atau menyiapkan tempat penampungan, jadi masyarakat enggak lagi membuang sampah sembarangan,” harap dia.

Sementara itu Kepala Desa Cikamunding Yayan Hendayana membenarkan jika sehari-hari warganya harus membuang sampah di sungai dan hutan akibat tidak adanya tempat pembuangan sampah.

“Kalau lama dibiarkan begitu akan berbahaya, cuma memang enggak ada tempat sampah yang memadai. Sudah coba berikan pemahaman sedikit demi sedikit agar tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Yayan berharap agar pemerintah bisa memberikan tempat penampungan sampah agar masyarakat bisa membuang sampah kepada tempatnya.

“Butuh tempat penampungan kaya bak mobil atau kalau tidak motor pengangkut sampah biar pengolahan sampah di Cikamunding ini teratur,”imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, Iwan Sutikno mengaku telah menerima laporan soal kebutuhan tempat penampungan sampah di Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng.

“Iya kita sudah terima laporannya. Nanti bagian bidangnya akan melihat langsung seperti apa kondisinya dan penanganannya perlu seperti apa. Mohon waktu,”kata Iwan saat dihubungi, Jumat, 14 Januari 2023.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...