Tangguh di “Medan Tempur”, Begini Aksi Para Personel BPBD Kota Tangerang saat di Dapur

Date:

Para personel BPBD Kota Tangerang tengah mengikuti lomba memasak. Selain tangguh di medan bencana, para pejuang kemanusiaan ini juga dituntut piawai memasak.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Kota Tangerang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Tangerang tak ingin para personelnya hanya tangguh ketika di “medan tempur” alias lokasi bencana. Mereka juga dituntut piawai dalam bidang lainnya untuk menunjang operasi kemanusian.

Salah satu keahlian lain yang harus dimiliki para pejuang kemanusiaan ini adalah memasak. Untuk menguji keterampilan dalam mengolah bahan makanan, BPBD Kota Tangerang menggelar lomba memasak, Selasa, 14 Februari 2023. Hal tersebut dinantinya akan bermanfaat ketika terjadi bencana.

Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan menerangkan, lomba memasak ini untuk melatih keterampilan memasak para personel, sehingga mereka akan siap siaga jika dibutuhkan ketika terjadi bencana dalam pengelolaan dapur umum nantinya.

“Di sinilah kita dapat melihat kemampuan para personel dalam mengolah bahan makanan, sehingga dapat dihasilkan makanan yang bersih dan sehat,” katanya.

Aksi para personel BPBD Kota Tangerang saat mengikuti lomba memasak. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Dalam kegiatan ini, lanjut Maryono, masing-masing tim terdiri dari tiga personel dan hanya memiliki waktu selama satu jam untuk menyiapkan hidangan yang telah disediakan. “Kerjasama tim juga dibutuhkan, sehingga dapat memasak sesuai waktu yang telah ditentukan,” terangnya.

Dalam lomba memasak ini diikuti oleh 12 tim dari Personil BPBD Kota Tangerang, sedangkan untuk kriteria penilaian teridiri dari ketepatan waktu, rasa, kreativitas, penyajian, kebersihan, dan presentasi hasil masakan.

“Untuk penilaiannya dari tim dari Dharmawanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang sebagai dewan juri,” ucap Maryono.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada BPBD Kota Tangerang, Ahmad Suhendar mengatakan, lomba memasak ini sebagai bentuk untuk mengasah keterampilan para personel dalam hal memasak, yang sekaligus memeriahkan HUt Kota Tangerang Ke 30 tahun.

“Ketika terjadi bencana alam atau musibah lainnya, maka personel BPBD siap untuk mendirikan dapur umum,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related