Dear Warga, Jalan Desa Saga Sudah Terang berkat PJU Tenaga Surya, Sismkamlingnya Harus Lebih Giat Ya!

Date:

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid saat meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Rabu, 15 Februari 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Warga di Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, kini bisa bernapas lega. Masa-masa kegelapan di jalanan menuju ke TPU Desa Saga kini sudah berakhir.

Akses warga tersebut kini sudah terang benderang setelah program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kabupaten Tangerang dilaksanakan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mewakili Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar meresmikan langsung program PJUTS tersebut, Rabu, 15 Februari 2023.

PJUTS merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kementerian) ESDM RI.

Dalam kesempatan itu, Maesyal Rasyid yang populer disapa Rudi Maesyal meminta warga untuk menggiatkan siskamling dan menjaga lingkungan.

“Setelah lingkungan diterangi PJU, saya harap masyarakat menggiatkan Siskamling agar lebih menjaga lingkungan yang aman damai dan guyub bersama,” ucap Rudi.

“(Kepada Kementerian ESDM) Terima kasih atas dibangunnya PJUTS yang menerangi masyarakat di Desa Saga. Jaga dan pelihara aset yang sudah diberikan pemerintah pusat,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI, Andriah Feby Misna menjelaskan, PJUTS tersebut merupakan program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Menurutnya PJU tenaga surya ini lebih hemat secara energi dan dapat meminimalisir anggaran belanja negara.

“PJUTS akan awasi perawatannya oleh Kementerian selama 2 tahun, sehingga hemat secara energi dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelasnya.

Di wilayah Provinsi Banten sendiri PJUTS ini terpasang sebanyak 425 unit, dengan rincian Kabupaten Tangerang sebanyak 225 unit dan 100 unit di Kota Tangerang Selatan.

Hadir pula pada acara tersebut, anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PKS Mulyanto, Camat Balaraja, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang dan tokoh masyarakat Desa Saga Kecamatan Balaraja.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...