Setelah Bunyi Dentuman Keras Malam Tadi, Kini Iis Harap-harap Cemas Menanti

Date:

Kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang, Jumat malam, 3 Maret 2023. Hingga Sabtu pagi, 4 Maret 2023 korban meninggal dunia akibat kebakaran itu berjumlah 13 orang. (FOTO: CNNIndonesia.com)

Berita Jakarta – Bunyi dentuman keras terdengar jelas oleh Iis (21) sebelum kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Jalan Tanah Merah Bawah, RT 012 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat malam, 3 Maret 2023.

Tak lama setelah bunyi dentuman keras, api berkobar dan kepanikan mulai melanda, Iis menceritakan, dirinya hanya dapat menyelamatkan Pakdenya yang tengah dilanda struk.

“Dibopong berdua. Kanan kiri, terus diangkut pakai motor, pakde di tengah. Langsung dibawa ke Mulyasari,” jelas Iis, Sabtu, 4 Maret 2023 dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Ketika ia ingin kembali menyelamatkan saudaranya, sempat tak boleh masuk oleh petugas kepolisian yang tengah berjaga.

“Nggak dikasih (masuk) sama petugas. Semua udah langsung diblok. Langsung ditutup jalanan jadi kita nggak bisa lewat,” tuturnya.

Iis kini tengah harap-harap cemas menanti kabar empat orang anggota keluarganya yang masih belum bisa ditemui yakni sepupunya, yakni seorang ibu dan tiga anaknya.

Menurutnya, saat ini Iqbal yang masih berusia 9 tahun masih belum ditemukan. Sementara tiga orang lainnya diketahui tengah dirawat di RSUD Koja.

“Jadi, anak-anak tiga, satu umur 9 tahun yang hilang, si Iqbal. Kanza lagi dirawat. Satu lagi, Ilyaz,” ujar Iis.

13 Kantong Jenazah

Hingga Sabtu pagi, 4 Maret 2023, pukul 04.00 jumlah korban meninggal akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang sebanyak 13 orang. Seluruh korban meninggal tersebut terdiri dari 10 dewasa dan 3 anak-anak. Belasan jenazah korban itu saat ini telah dievakuasi ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Sementara itu, untuk korban luka bakar sekitar 49 orang yang terdiri dari 46 orang dewasa dan 3 anak-anak. Mereka saat ini tengah dirawat di RS Koja, RS Tugu, RS Pelabuhan, RS Pertamina, dan RS Cipto Mangunkusumo.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Rahmat Kristantio memastikan bahwa api telah padam di Depo Pertamina sekira pukul 02.19 WIB. Dalam upaya pemadaman itu, pihaknya mengerahkan sebanyak 260 petugas damkar dengan 52 unit pemadam.

Identifikasi Korban di RS Polri

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. M. Fadil Imran mengatakan, proses identifikasi korban sedang berlangsung di RS Polri Kramat Jati.

“Sekarang proses (identifikasi) korban sedang berlangsung di RS Polri. Karena kondisi korban ini kan ada yang utuh ada yang mengalami luka bakar sampai 100 persen,” kata Fadil kepada wartawan di Kormail 01 Koja, Jakarta Utara, Sabtu dini hari, 4 Maret 2023.

Fadil berharap, korban dapat segera diidentifikasi agar segera bisa dikembalikan kepada keluarga. Para korban akan diambil sample data post mortem dan ante mortem untuk dicocokkan dengan semple keluarganya.

“Kemudian sidik gigi kalau punya kondisinya giginya, kalaupun itu tidak punya paling terakhir itu dari DNA,” ujar Fadil.

Ia pun belum memastikan penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Saat ini, lanjut dia, Labfor Polri masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Sumber: RCTI+

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...