Disuarakan Presiden Jokowi sejak 2018, Akademisi Ajak Semua Pihak Dukung Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang

Date:

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin saat memimpin penertiban PKL di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Jumat, 21 April 2023. Saat bersamaan, pada H-1 Lebaran 2023 itu Pemkot Tangerang juga menertibkan PKL di Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh. (Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Sejak Pemkot Tangerang melakukan penertiban di Kawasan Pasar Anyar, 19 April 2023, sejumlah fasilitas publik mulai berfungsi kembali. Di antaranya Jalan Abdullah dan Jalan Ahmad Yani yang dulu nyaris selalu tertutup pedagang kaki lima.

Kawasan Pasar Anyar sebelum ditertibkan, saban hari akrab dengan suasana pedagang yang tumpah hingga ke jalan hingga menghambat lalu lintas dan mengganggu para pejalan kaki. Kesan kumuh dan kotor pun melekat pada kawasan ini.

Kekinian, lalu lintas Pasar Anyar, Kota Tangerang cukup terlihat lengang dan lancar. Pedagang yang kerap memakan badan jalan sudah banyak berkurang.

Di jam sibuk seperti pagi dan sore, Pasar Anyar pun terasa lebih lancar, kondisi penumpukan pedagang, pejalan kaki, angkot dan angkutan pribadi pada satu jalur yang sama pun sudah tak terlihat.

Kolaborasi Semua Pihak

Akademisi yang juga Pengamat Kebijakan Publik, Adib Miftahul mengapresiasi langkah penertiban Pasar Anyar oleh Pemkot Tangerang.

Menurutnya, Pasar Anyar, Kota Tangerang yang telah ada puluhan tahun silam, sudah waktunya mendapat peremajaan sehingga kondisinya lebih layak untuk masyarakat, baik pembeli maupun pedagang itu sendiri.

Revitasliasi, kata Adib, adalah langkah mutlak yang diperlukan. Tentu, perlu diiringi strategi atau langkah-langkah yang tidak merugikan satu dua pihak.

“Sebagaimana mestinya saja, kalau memang itu adalah lalu lintas yang harusnya digunakan untuk pengendara atau pejalan kaki, ya kembalikan saja fungsi pada jalan tersebut. Ya, harusnya juga tindakan perapihan ini dilakukan dan didukung oleh semua pihak, tak tertuju pada Pemkot Tangerang semata. Misalnya, jajaran Dewan ikut turun tangan dan mendukung langkah positif untuk keindahan Kota Tangerang ini,” tegas Adip kepada wartawan di Tangerang, Rabu, 3 Mei 2023.

Revitalisasi Pasar Anyar Kota Tangerang, lanjutnua, adalah hal yang tak mudah. Karenanya, revitalisasi membutuhkan kerjasama semua pihak yang harusnya saling berkolaborasi, bukan mencari kekurangan satu sama lain, apalagi menggoreng isu yang membuat panas kondisi di lapangan.

“Menurut saya, dengan mengembalikan fungsi infrastruktur pada fungsi sebenarnya ini akan memberikan efek positif kebanyak hal. Selain lalu lintas yang lancar, meningkatkan keindahan jalan, tapi juga penyuburan geliat ekonomi. Maka dari itu, semua harus saling dukung dan jika ada hal-hal kurang berkenan baiknya dibicarakan lewat jalur-jalur yang baik, bukan provokasi,” jelas Adib.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Tangerang melakukan penertiban pedagang yang berjualan di sisi jalan Ahmad Yani Pasar Anyar. Penertiban tersebut dilakukan selain karena akan ada revitalisasi Pasar Anyar juga karena mengganggu arus lalu lintas kendaraan.

Penertiban ini tidak hanya di Pasar Anyar namun juga di lokasi lain seperti Pasar Sipon yang mana banyak pedagang yang juga menggunakan fasilitas jalan umum untuk berjualan.

Program Pemerintah Pusat

Terpisah Direktur PD Pasar Kota Tangerang Titin Mulyati menyampaikan bahwa revitalisasi Pasar Anyar ini merupakan program Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk menata ulang Pasar Anyar dan Meningkatkan Daya Saing Pasar Anyar terhadap menjamurnya pasar modern di Tangerang.

“Jadi ini arahan Pak Presiden Jokowi, lewat program kalau enggak salah namnya Pasar Rakyat. Sekitar tahun 2018 kan beliau pernah berkunjung ke Pasar Anyar dan alhamdulillah kita dapat bantuan dari Pak Presiden melalui PUPR untuk Penataan Pasar Anyar,” terang Titin.

Oleh karenanya Titin berharap penataan Pasar Anyar mendapatkan dukungan dari semua pihak agar arahan Presiden bisa segera direalisasikan.

“Makanya ini harusnya didukung oleh semua pihak mengingat semrawutnya Pasar Anyar. Kemudian kalau dibilang kita tidak nenyediakan lokasi sementara agak aneh juga, karena kita sudah sediakan loaksinya di lantai 3,” paparnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...