Dua Desa Wisata di Banten Diguyur Bantuan Kemenparekraf, Pj Gubernur Genjot Infrastruktur untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

Date:

Pj Gubernur, Al Muktabar bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Cikolelet, Sabtu, 19 Agustus 2023. (Foto: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Dua Desa Wisata di Banten, yakni Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang dan Desa wisata Sukarame, Kabupaten Pandeglang, mendapatkan bantuan keuangan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bantuan diberikan Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Cikolelet, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat memberikan penguatan untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru. Terlebih, Desa Wisata Cikolelet ini baru kembali menggeliat pasca dua tahun diterpa Pandemi COVID-19.

“Geliat kunjungan wisatawan yang menginap di sini cukup banyak, serta banyak pula muncul homestay-homestay baru. Oleh karenanya kita perlu berikan dukungan tambahan dari segi usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya dilansir keterangan resmi Pemprov Banten.

Sandi juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemprov Banten melalui gerakan urban farming atau pemanfaatan lahan pekarangan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat yang berbasis kearifan lokal setempat.

Dan penerapan di Desa Wisata itu sudah sangat tepat dijadikan sebagai ketersediaan bahan pangan. Karena selain menarik banyak wisatawan, ketahanan pangan Desa juga terjaga di tengah isu krisis pangan yang dihadapi oleh berbagai negara di belahan dunia saat ini.

“Di tengah gejolak dunia saat ini, dengan kesiapan Desa-Desa Wisata ini, saya yakin kita akan mampu untuk menjaga harga-harga bahan pokok. Sehingga kedepannya kita bisa ciptakan Desa-Desa yang mandiri, dengan pengembangan SDA serta kearifan lokal yang ada,” jelasnya.

Fokus Pengembangan

Pj Gubernur, Al Muktabar saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang mengunjungi Desa Cikolelet, Sabtu, 19 Agustus 2023.(FOTO: bantenprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar berharap, bantuan keuangan DPUP Kemenparekraf sebesar Rp120 juta itu bisa dimanfaatkan untuk pengembangan Desa Wisata Cikolelet untuk bisa lebih baik dalam pemberdayaan masyarakat dalam sektor pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif.

“Dengan berbagai hal yang dikembangkan melalui Desa Wisata ini, dapat menopang ekonomi daerah, stabilitas pangan, penanganan stunting dan inflasi,” jelasnya.

Al Muktabar mencontohkan, pengoptimalan lahan pekarangan yang bisa ditanami pohon katuk dan lainnya. Hal itu dapat menjadi sumber protein bagi anak-anak, ibu hamil dan menyusui, sehingga mereka terhindar dari keluarga beresiko stunting. Ditambah lagi dengan lingkungan yang bersih serta sanitasi yang baik.

“Selain itu, di Cikolelet ini juga bisa dikembangkan ketahanan pangan padi atau sejenisnya sesuai dengan kearifan lokal yang ada dalam rangka menghadapi kemarau dan dampak El Nino. Sehingga multi sektor yang bisa dikembangkan melalui Desa Wisata ini,” jelasnya.

Al Muktabar memastikan, dirinya bersama seluruh stakeholder terus fokus mengembangkan sektor pariwisata, UMKM serta ekonomi kreatif di Provinsi Banten dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Apalagi, melihat perkembangan yang ada, di era saat ini sektor-sektor itu sangat memungkinkan untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan yang terus kita giatkan dengan berbagai upaya kerja keras semua pihak.

“Berbagai infrastruktur sudah kita siapkan sebagai dukungan untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...