Kepala SMA, SMK dan SKh Se-Banten Dapat Pencerahan Antikorupsi dari Satgassus Pencegahan Korupsi Polri

Date:

Kepala SMA, SMK dan SKh di Banten mengikuti sosialisasi antikorupsi. (Foto: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Kepala SMA, SMK dan SKh se-Banten bersama penyuluh antikorupsi di Banten mendapat pencerahan antikorupsi melalui kegiatan sosialisasi antikorupsi yang digelar Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan Inspektorat Provinsi Banten, di Aula Inspektorat Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang,

Sejumlah pemateri kompeten dihadirkan dalam acara ini, di antaranya dari Satgassus Pencegahan Korupsi Polri, Inspektorat Provinsi Banten, Penyuluh Antikorupsi Provinsi Banten dan BKD Provinsi Banten.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan kegiatan ini melibatkan kepala SMA, SMK dan SKh karena sekolah merupakan salah satu pusat pendidikan karakter anak bangsa.

“Oleh karena itu, menumbuhkan sikap antikorupsi di lngkungan sekolah sangat penting untuk mewujudkan generasi unggul,” kata Virgojanti melalui keterangan resmi.

“Sekolah merupakan pusat pendidikan karakter anak bangsa. Saya meminta Kepala Sekolah (Kepsek) dapat memberikan teladan bagi seluruh siswa,” sambungnya.

Tidak hanya memberikan teladan, lanjut Virgojanti, Kepsek juga dituntut mampu mencerminkan tata kelola pelaksanaan anggaran pendidikan yang ditujukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Sekolah adalah lembaga yang mengelola anggaran dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar.

“Sehingga, sikap antikorupsi terus disosialisasikan. Jangan sampai nanti terjadi penyalahgunaan anggaran yang dialokasikan di sekolah,” katanya.

Virgojanti  menegaskan, kegiatan sosialisasi antikorupsi dapat memantapkan langkah kinerja untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat.

“Anggaran sekolah tidak boleh disalahgunakan,” imbuhnya.

Dikatakannya, sosialisasi antikorupsi merupakan salah satu upaya mewujudkan generasi emas 2045.

“Ini harus dipersiapkan dari sekarang, mulai dengan karakternya, kemudian juga kecerdasan intelektualnya serta budi pekerti yang baik. Itulah yang kita harapkan nanti ke depan agar Indonesia maju, Indonesia unggul dan Indonesia berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Inspektur Provinsi Banten M Tranggono mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi antikorupsi untuk Kepala SMA/SMK/SKh Negeri se-Provinsi Banten dilaksanakan untuk memberikan pedoman kepada Kepala Sekolah dalam pencegahan korupsi.

“Tentu untuk meningkatkan kualitas dan mendorong terbentuknya tata kelola pemerintah yang bersih, berwibawa, transparan, tidak diskriminasi, akuntabel dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme di lingkungan pendidikan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Tranggono, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta pegawai di lingkungan pendidikan dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi maupun pidana lainnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SMA, SMK dan SKh Negeri se-Provinsi Banten dan penyuluh antikorupsi Provinsi Banten,” katanya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Al Muktabar Ingin Gen Z di Banten Produktif dan Visioner, Bagaimana Caranya?

Berita Banten - Generasi Z alias Gen Z di...

Sah! Azizan-Yulli Kang Nong Kabupaten Serang 2024, Ini Susunan Lengkap Pasangan Pemenang

Berita Serang - Pasangan Rizky Azizan Ghofur (Azizan) dan...

Ssttt.. Kawasan Kuliner Parlan Alun-alun Ahmad Yani Bakal Booming, Pj Wali Kota Sudah Kasih Testimoni

Berita Tangerang - Kota Tangerang dikenal sebagai pusatnya kuliner....