Irna-Tanto Borong Parpol di Pandeglang, Uday: Ini Sarat Kepentingan Pragmatis

Date:

Banten Hits – Aktivis antikorupsi di Banten, Uday Suhada menyebut fenomena “borong parpol” yang dilakukan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pandeglang Irna Narulita-Tanto Warsono Arban dalam Pilkada Kabupaten Pandeglang 2015, sarat dengan kepentingan pragmatis partai politik.

Pria yang dikenal keras mengkritisi keluarga Ratu Atut Chosiyah di Banten ini menyebut, fenomena “borong parpol” sebagai kegagalan partai politik melahirkan kader-kader terbaik yang bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang.

“Fenomena borong partai itu merupakan bentuk kegagalan parpol di Pandeglang untuk  melahirkan kader terbaiknya. Tentu sikap politik begitu biasanya ada kepentingan pragmatis parpol,” kata Uday kepada Banten Hits, Sabtu (25/7/2015). 

Sebelumnya, hal senada telah diutarakan pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Suaieb Amirudin. Menurutnya, partai politik yang ramai-ramai mengusung Irna-Tanto, membuktikan adanya kegagalan dalam pola kaderiasi parpol di Kabupaten Pandeglang.

(BACA JUGA : Parpol di Pandeglang Ramai-ramai Dukung Irna-Tanto, Akademisi: Bukti Gagal Kaderisasi)

“Fenomena ini juga sangat berdampak buruk untuk kemajuan demokrasi di daerah. Sebab, jika 10 parpol berbondong-bondong mendukung satu pasangan, kedepannya pasti ada kontrak politik pada masing-masing parpol, atau istilahnya bagi-bagi kue itu pasti terjadi,” ungkap Suaieb kepada Banten Hits, Jumat (24/7/2015).

Pasangan bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati Pandeglang Irna Narulita-Tanto Warsono Arban telah mendeklarasikan sebagai pasangan calon yang diusung oleh 10 partai politik.

(BACA JUGA : Didukung 10 Parpol, Irna Narulita Deklarasi Maju Jadi Balon Bupati Pandeglang)

Irna Narulita merupakan anggota DPR RI sekaligus isteri mantan bupati Pandeglang Dimyati Natakusuma. Sementara Tanto Warsono Arban adalah Ketua KNPI Provinsi Banten yang juga menantu Ratu Atut Chosiyah yang tersangkut kasus korupsi.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related