KPU Pandeglang Minta Lokasi TPS Bagi Pemilih Difabael Mudah Dijangkau

Date:

Banten Hits – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang meminta Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) menyampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi para pemilih difabel atau berkebutuhan khusus ditempatkan di lokasi yang mudah terjangkau.

“Tempatnya tidak terjal, seperti pemilih yang tidak bisa berjalan atau yang cacat dan stroke, mereka yang biasa pake kursi roda sehingga TPS nya mudah diakses,” kata Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU Pandeglang, Ida Jaidatulfalah, kepada Banten Hits, Senin (5/10/2015).

Dalam ketentuan bagi pemilih difabel seperti tuna daksa, Ida menjelaskan, diperkenankan memiliki pendamping saat melakukan pencoblosoan di bilik suara.

“Misalkan, bagi Tuna Daksa yang tidak punya tangan yang kesulitan untuk mencoblos, di dalam ketentuan memang diperkenankan untuk didampingi oleh pendamping, tapi untuk pendamping disarankan untuk membuat pernyataan pendamping,” jelasnya.

Kata dia, seseorang yang siap menyatakan diri sebagai pendamping pemilih, orang tersebut tidak hanya menjadi pendamping bagi difabel saja, namun juga menjadi pendamping lainnya seperti pemilih lanjut usia.

“Jadi pendamping itu tidak hanya bagi difabel saja, tapi juga orang tua yang kesulitan untuk mencoblos, misalnya pemilih yang tidak bisa melihat atau mengalami kesulitan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, KPU Pandeglang telah menyiapkan alat bantu bagi pemilih dipabel berupa surat suara yang ditulis huruf bralile.

“Ada alat bantu kepada difabelitas, tapi fokus kepada penyandang tuna netra, berupa surat suara yang ditulis huruf bralile. Surat suaranya nanti tinggal diambil di KPPS, dan surat suara yang disediakan sesuai dengan jumlah difabel, dan persediaannya cukup,” paparnya.

Dari data yang diperoleh Banten Hits, ada 390 pemilih difabel di Pilkada Pandeglang 9 Desember 2015 mendatang. Jumlah tersebut meliputi, Tuna Darsa sebanyak 127 orang, Tuna Netra 86 orang, Tuna Rungu 58 orang, Tuna Ghatia 56 orang dan disabilitas lainya 63 orang. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Irna Narulita-Tanto Warsono Arban Nomor Urut 1, Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy Nomor Urut 2

Pandeglang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, melakukan...

Pasangan Intan dan Toat Resmi Dapat Tiket untuk Bertarung di Pilkada Pandeglang 2020

Pandeglang - Pasangan Irna Narulita - Tanto Warsono Arban...