Ada Pungli Pembuatan KTP, Kantor Disdukcapil Pandeglang Didemo Mahasiswa

Date:

Banten Hits – Puluhan Mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unma Banten dan Front Mahasiswa Pandeglang Selatan, Selasa (9/2/2016), menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Pandeglang.

Mahasiswa mengecam ulah oknum di Dinas tersebut yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap warga yang membuat KTP. Pungli sebesar Rp50 ribu tersebut, seperti dialami warga di Kecamatan Sumur, Cimanggu, Cibaliung, Cibitung, Cikesik dan Munjul.

Ketua BEM Fakultas Hukum Unma Banten, Edi Santoso mengatakan, ulah para oknum pegawai tersebut sangat bertentangan dan bertolak belakang dengan Undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang Sistem Kependudukan. Dalam Pasal 79 a berbunyi, pengurusan dan penerbitan kependudukan tidak dipungut biaya.

“Kalau masyarakat dipungut biaya untuk membuat KTP dengan harga Rp50 ribu kemudian dikalikan dengan jumlah pendudu, pertanyaannya apakah itu masuk ke kas negara,” terang Edi.

Menurutnya, setiap pejabat dan petugas dari Desa atau Kelurahan, Kecamatan, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) intansi pelaksana yang memfasilitasi melakukan pungli, sesuai dengan UU tersebut terancam dipenjara selama 6 tahun dan denda Rp75 juta.

“Kami minta penegak hukum untuk melakukan penyidikan kepada aparat Desa, Kecamatan dan pihak lain yang terlibat dalam perbuatan melawan hukum itu,” tegasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...