Kewalahan Atasi Jalan Desa di Lebak, Iti Minta Desa Optimalkan Penggunaan ADD

Date:

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak mengaku kewalahan mengatasi persoalan infrastruktur jalan desa terutama jalan poros desa yang hingga saat ini belum juga terselesaikan. Pasalnya dari APBD Kabupaten setempat hanya mampu mengatasi 70 kilometer setiap tahunnya.

“APBD kita terbatas tidak bisa mengatasi sepenuhnya persoalan jalan atau jembatan rusak di masing-masing desa,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri Gebyar pajak di latansa Mashiro, Senin (27/2/2017).

Menurut Iti, sudah semestinya kepala desa cerdas  menggunakan anggaran desa baik dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah yang terbilang cukup besar.

“Jadi kalau rusak-rusak kecil kan bisa diperbaiki menggunakan ADD, jangan sepenuhnya berketergantungan pada APBD,”katanya.

Sebab , kata Iti, Pemeruntah Lebak sendiri juga masih membutuhkan sokongan dana dan perhatian khusus dari pemerintah pusat untuk menangani infrastruktur jalan dibeberapa wilayah.

“Masih banyak jembatan dan jalan Kabupaten yang rusak, sedangkan APBD kita terbatas. Jadi kita harap kerjasama semua pihak untuk mengembangkan Kabupaten Lebak ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak , Rusito mengatakan pihaknya tengah mensosialisasikan kepada setiap kepala desa agar menggunakan ADD dan DD untuk menangani persoalan infrastruktur di desanya masing-masing.

“Ada aturannya di Permendes no 22 tahun 2016 tentang penggunaan dana desa tahun 2017 jadi kalau kerusakan kecil soal infrastruktur di desa itu bisa dialokasikan dari ADD,” jelasnya.(Ep)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jelang Pilkada Serentak 2024 di Banten, Golkar ‘Geber’ Silaturahmi dengan Parpol-parpol

Berita Banten - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...