Marak Kekerasan Anak, Tangsel Masih Kota Layak Anak?

Date:

Tangsel – Salah satu faktor maraknya kasus kekerasan maupun pelecehan seksual terhadap anak dikarenakan minimnya pemahaman yang dimiliki anak tentang reproduksi seksual. Padahal, pengetahuan ini dinilai penting agar anak bisa melindungi diri dari predator anak.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi salah satu kota di Indonesia yang dinobatkan menjadi Kota Layak Anak (KLA). Salah satu tolak ukurnya adalah, hak-hak anak terpenuhi termasuk hak anak mendapatkan perlindungan secara khusus dari kekerasan.

Sepanjang tahun 2016, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Tangsel mencatat, ada 136 kasus kekerasan dan 25 kasus kekerasan yang menimpa anak terjadi di awal tahun 2017, 70 persen merupakan kasus pelecehan seksual.

Meski kasus kekerasan terhadap anak masih marak, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menegaskan, Tangsel masih menjadi KLA.

Ia justru menilai, banyaknya laporan yang diterima baik oleh kepolisian maupun P2TP2A menandakan masyarakat semakin paham dan mau melaporkan kasus tersebut.

”Artinya, orangtua sudah mulai sadar kekerasan anak adalah kejahatan yang harus dihentikan dan dilaporkan untuk ditindaklanjuti. Sebelum ada P2TP2A, masyarakat sulit melaporkan dan akhirnya kasus ini tidak terungkap,” kata Airin seusai apel HUT Satpol PP ke-55, Selasa (23/5/2017).

Airin meminta, kehadiran P2TP2A bisa menjadi tempat masyarakat mengadukan segala sesuatu yang mengarah pada kekerasan anak.

”Kita coba dekatkan tim satgas anak untuk memeriksa hal yang mencurigakan se dini mungkin,” tuturnya.

Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widyanto menyebut, kasus kekerasan rentan menyasar anak-anak karena dianggap lebih lemah oleh para pelaku.

”Laporan ini meningkat karena orangtua sudah tahu kemana

mereka harus melapor. Tahun lalu memang tidak sebanyak sekarang. Kita berupaya bekerja lebih keras untuk ini,” tandasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ungkit Dua Periode Koalisi Golkar-PDIP di Kabupaten Serang, Andika Optimistis Kerjasama Berlanjut

Berita Serang - Bakal calon bupati Serang, Andika Hazrumy...

Sosok Marsinah di Mata Pj Wali Kota Tangerang: Menjadi Api bagi Kita untuk Terus Berjuang!

Berita Tangerang - Perjuangan Marsinah akan terus dikenang dan...

Pesan Tegas Virgojanti untuk REI Banten: Bangun Pemukiman Harus Sesuai Kaidah Tata Pengelolaan Lingkungan

Berita Banten - Pengembang perumahan yang akan membangun pemukiman,...

Ditanya soal Pemerintahan Bersih dan Transparan, Airin Cerita Dua Periode Jadi Wali Kota Tangsel

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024, Airin Rachmi...