Panwaslu: Warga di TPS 8 Sidoko Nyoblos Lebih dari Sekali karena Ditinggal KPPS

Date:

KETUA PANWASLU KABUPATEN TANGERANG MUSLIK UNGKAP PEMILIH NYOBLOS LEBIH DARI SEKALI DI TPS 8 CIDOKO
Ketua Panwaslu Kabupaten Tangerang Muslik mengungkapkan, peristiwa warga nyoblos lebih dari sekali di TPS 8 Sidoko karena TPS ditinggal petugas KPPS.(Banten Hits/ Yogi Triandono)

Tangerang – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Banten menemukan pelanggaran di Kabupaten Tangerang, persisnya di TPS 8 Desa Sidoko, Kecamatan Gunung Kaler. Di tempat ini, seorang pemilih  diduga memberikan suara lebih dari satu kali.

Atas pelanggaran ini, Bawaslu rekomendasikan dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU.

BACA JUGA: Bawaslu Banten Rekomendasikan PSU di Kabupaten Lebak dan Tangerang

Ketua Panwaslu Kabupaten Tangerang Muslik mengatakan, pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali lantaran adanya ketidakpahaman Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Kita sudah klarifikasi dari yang melakukannya, informasinya karena kekurangpahaman, di sisi lain pada saat dia ngambil surat suara petugas sedang tidak ada, ada sebagian yang makan, ada sebagian yang masih di situ,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari hasil klarifikasi baik dari KPPS dan warga tersebut, diketahui saat kejadian tidak ada petugas KPPS yang melayani sehingga lantaran tidak paham, warga tersebut mengambil lebih dari satu surat suara.

“Artinya yang ngambil karena si warga yang memilih ini tidak ada pelayanan, sehingga mengambil surat suara semaunya,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengaku akan merekomendasikan KPU Kabupaten Tangerang agar mengganti petugas KPPS yang bertugas di TPS 8 tersebut. Ia pun meminta penyelenggara Pemilu untuk lebih selektif dalam merekrut KPPS.

“Kami melihatnya ini ada kelalaian, jadi untuk temen-temen KPU, baik PPK, PPS dan jajarannya agar lebih selektif dalam merekrut penyelenggara teknis dibawahnya karena ini penyelenggara teknis yang harus paham betul teknis dan aturan,” tandasnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulyadi Jayabaya Beri Sinyal ke PKS soal Pilkada Lebak, Apa Itu?

Berita Lebak- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera...

PKS Lebak Daftarkan Bacaleg ke KPU Sebari Gowes Becak

Berita Lebak- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak resmi...

AHY: Suara Demokrat di Banten Dipercayakan ke Iti Jayabaya

Berita Lebak- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono...

Jurus PPP Cilegon Rebut Kemenangan di Pemilu 2024, Bacaleg Dibekali Ini

Berita Cilegon- DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon...