Connect with us

WISATA

Ingin Berlibur ke Pantai di Banten? Ini Tips dari Balawista Agar Liburan Anda Tetap Aman dan Nyaman

Published

on

BALAWISTA BANTEN

Ketua umum Balawista Banten Ade Ervin saat memberikan penjelasan dalam rapat kordinasi persiapan siaga wisata natal tahun baru (Nataru) lintas instansi dan stakeholder di aula Sinas Pariwisata Provinsi Banten KP3B Serang, Kamis 13 Desember 2018. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Libur Natal 2018 dan pergantian tahun sudah tinggal menghitung hari. Banten sebagai wilayah yang kaya dengan destinasi wisata pantai, setiap tahunnya selalu menjadi tujuan berlibur.

Wisata pantai d Banten terbentang, mulai dari wisata Tirta Cilegon, kawasan Pantai Anyer sampai Cinangka, Kabupaten Serang; kawasan wisata Pantai Carita hingga Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang; dan kawasan Bagedur hingga Sawarna, Kabupaten Lebak.

Menghadapi Libur Natal dan pergantian tahun ini, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Bangen mengerahkan sebanyak 120 anggotan, 6 kordinator, 10 relawan dan 20 posko pelayanan.

BACA :  Destinasi Wisata di Lebak Mulai Dibuka: Uji Coba Adaptasi Kebiasaan Baru

Ketua umum Balawista Ade Ervin mengungkapkan, Balawista Banten sebagai mitra kerja pemerintah bidang keselamatan wisata menyiagakan 120 personil di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

Ervin mengungkapkan, pihaknya juga menyiagakan dua mobil balawista, empat motor patroli pantai, lima papan penyelamat, dua ruberboat, empat alat selam, dan peralatan ringan lainnya di kawasan posko induk yang berada di Carita.

Dalam pelaksanaan siaga wisata, lanjut Ade, pihaknya akan berkordinasi dan bekerjasama dengan para instansi terkait seperti TNI POLRI, Basarnas, BPBD, PMI, pengelola objek wisata dan mitra kerja pariwisata lain yang siap bahu membahu dalam memberikan pelayanan keselamatan.

Humas Balawista Banten L Jamaludin menambahkan, masyarakat yang hendak berlibur ke kawasan pantai diimbau mentaati peraturan yang diterapkan oleh keamanan pengelola Pantai tersebut.

BACA :  Gaes, Ada Spot Baru Buat Swafoto Nih di Lebak Namanya Taman Agro Edupark

“Demi keselamatan para pengunjung, penting untuk memperhatikan tanda-tanda di Pantai. Seperti peringatan gelombang tinggi, batas maksimal berenang, diperbolehkan berenang atau tidak, dan peraturan lainnya,” ucapnya.

Masyarakat yang hendak mengunjungi wisata tirta, disarankan minta penjelasan kepada pengelola wisata tirta, apakah di lokasi tersebut ada petugas keamanan atau tidak.

“Tidak usah ragu, jika kita mau ke lokasi pantai atau tempat wisata air, tanya kepada pengelola apakah ada petugas keamanan penjaga pantai atau tidak. Itu demi kenyamanan kita berlibur,” tukasnya.(Rus)



Terpopuler