Lima Serangan Halus Prabowo saat Debat Berhasil Patahkan Argumen Jokowi dan Loyalisnya

Date:

3. Demokrasi Dinodai Keberpihakan Aparatur Negara

Prabowo Subianto juga menyinggung soal demokrasi di Indonesia saat sesi tanya jawab soal pemerintahan. Prabowo menyinggung soal aparat keamanan dan pejabat negara yang diduga tidak netral dalam Pilpres 2019.

“Maaf pak, saya harus sampaikan. Bocor di mana-mana, surat-surat dari pejabat bapak, yang memerintahkan membantu salah satu kontestan pemilihan. Ini tidak sesuai kaidah demokrasi,” ujar Prabowo dalam debat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu,  30 Maret 2019 seperti dilansir merdeka.com.

Prabowo kembali menyangsikan tidak netralnya aparat keamanan dalam Pilpres. Dia mencontohkan ada kepala desa ditangkap, lalu dipenjara dan akhirnya diarahkan oleh aparat keamanan untuk mendukung salah satu kontestan dalam pilpres.

“Bapak mungkin tidak paham, kepala desa dimasukin penjara, lalu aparat yang beri pengarahan,” katanya.

Dalam pandangan Prabowo, dengan campur tangan aparat dalam pilpres, menambah degradasi kepercayaan dari masyarakat kepada pemerintah. Menurutnya, saat ini kepercayaan masyarakat kepada pemerintah berkurang karena tumbuh suburnya praktik korupsi.

“Saya kembali mempermasalahkan di negara sekarang pak, ini yang mungkin bapak tidak lihat dari perkembangan masyarakat secara riil. Ada suatu distrust, kehilangan kepercayaan pada elite dan pemerintahan karena niat tidak sesuai dengan pelaksanaan.”

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...