Lima Serangan Halus Prabowo saat Debat Berhasil Patahkan Argumen Jokowi dan Loyalisnya

Date:

5. Kritik Diplomasi ‘Senyum-senyum’ Ala Pemerintahan Jokowi

Terkait program diplomasi, Prabowo Subianto mengkritik konsep diplomasi pemerintah Indonesia yang disampaikan Jokowi. Menurut Prabowo, diplomasi ala Jokowi terlalu lemah karena tidak didasarkan atas sistem pertahanan dan keamanan negara yang kuat.

Prabowo seperti dilansir viva.co.id, menekankan sasaran kritiknya pada konsep diplomasi Jokowi yang merasa bangga karena Indonesia dimintai bantuan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa untuk mendamaikan konflik di Afghanistan dan menyelesaikan masalah di negara bagian Rakhine di Myanmar.

Bagi Prabowo, membantu perdamaian dunia tidak salah dan memang sebuah keharusan. Indonesia sebagai negeri Muslim terbesar di dunia, punya modal besar dan penting dalam hal itu, terutama bagi negara-negara Muslim lainnya.

Tetapi, Prabowo mengkritik, itu diplomasi yang seolah lembek karena tidak didasarkan pada sistem pertahanan dan keamanan yang kuat. Para diplomat, katanya, memang dibayar untuk bersikap baik dan bersahabat serta banyak senyum. Tetapi, begitu saja tidak cukup.

“Diplomasi harus di-back up kekuatan (angkatan bersenjata). Semua diplomat dibayar untuk menjadi orang baik. Diplomasi kalau hanya senyum-senyum, yah, begitu-begitu saja, Pak,” katanya.

Prabowo mengingatkan, dalam bidang hubungan internasional, ada satu diktum the cores of nationality (kepentingan inti satu negara). Dia mengklaim sangat menguasai di bidang pertahanan dan keamanan.

“Kekuatan pertahanan kita sangat rapuh dan lemah. Bukan salah Bapak; enggak tahu saya,” katanya.

Prabowo menyela karena sejumlah hadiri menertawakan penyataannya.

“Kenapa kalian ketawa? Pertahanan kita rapuh kalian kok ketawa. Saya tahu pertahanan kita sangat lemah.”

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...