Connect with us

METROPOLITAN

‘Wadon Banten’ Jadi Anggota DPR RI, Ini Pendapatnya soal Pengangguran di Banten yang Tinggi

Published

on

Anggota DPR RI dari Banten Nuraeni saat mengomentari soal pengangguran di Banten yang tinggi. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Politisi perempuan yang dikenal dengan jargon ‘Wadon Banten’ saat kampanye Pemilu 2019 lalu, Nuraeni, telah resmi menjadi anggota DPR RI.

Mantan anggota DPRD Banten yang terpilih ke Senayan dari dapil Banten II ini meminta kepala daerah di Banten terus melakukan sinergi dengan pemerintah daerah dan pusat untuk mengurangi angka pengangguran.

“Ya saya kira memang harus ada sinergi, terus koordinasi terkait persoalan (pengangguran). Ini juga persoalan nasional kalau pengangguran bukan hanya daerah, dan kita juga akan dorong saran dan masukan mungkin di nasional. Karena saya juga tidak tahu (masuk) komisi berapa,” kata Nuraeni kepada awak media di Kota Serang, Kamis 17 Oktober 2019.

Mudah-mudahan, lanjut Nuraeni, DPR RI dapil Banten yang baru menjabat memilki pandangan yang sama soal masalah atau isu kekinian yang ada di Banten.

“Kalau kita (bahas) masalah regulasi, misalkan warga yang di luar Banten tidak boleh (kerja di Banten) ya itu tentu tidak bisa. Nanti bertentangan dengan UUD 45. Paling tidak di Perda itu 60 per 40 (pekerja asal Banten) ya tapi kan itu pun berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang ada,” tegasnya.

Nuraeni yang juga mantan Wakil ketua DPRD Banten mengungkapkan, sewaktu dirinya masih menjabat, Pemerintahan Provinsi Banten sudah membuat satu peraturan daerah (Perda) Ketenagakerjaan untuk bisa mengurangi pengangguran.

“Tidak punya upaya pemerintah. Saya kemarin di provinsi terus mengawal penurunan pengangguran ini, karena sumbangsih terbesar ini dari Kabupaten Serang, karena penduduk banyak serta daerah industri,” paparnya.

Menurut Nuraeni, semakin banyak industri, maka semakin banyak juga masyarakat dari luar datang ke kabupaten/kota di Provinsi Banten.

“Ada juga pergub wajib lapor tenaga kerja. Paling tidak kalau ada investasi ada pergerakan menarik orang datang, ya itu tadi banyak orang datang ke Banten,” pungkasnya

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending